Bayar Tagihan Listrik PLN di Indomaret

Alternatif lokasi pembayaran (payment point) untuk tagihan-tagihan rumah tangga seperti listrik/PLN sekarang ini sudah sangat banyak. Salah satu yang sering saya manfaatkan adalah jaringan Indomaret karena kebetulan lokasi unitnya paling dekat dengan lokasi saya. Seperti halnya pembelian token listrik prabayar di jaringan Indomaret, membayar tagihan listrik PLN di Indomaret ini bisa saya lakukan sekalian berbelanja kebutuhan sehari-hari. Tidak harus jauh-jauh datang dan antri di kantor PLN. ๐Ÿ˜€

Kali ini saya akan berbagi langkah-langkah melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan melalui Indomaret. Barangkali aja ada yang ingin mencoba tapi belum tahu caranya, mari kita simak panduannya berikut ini.

Neon box Indomaret

Hal yang harus dipersiapkan untuk membayar tagihan listrik PLN di Indomaret atau minimarket lainnya:

  • Nomor ID Pelanggan PLN anda.
  • Dan jangan lupa bawa uang untuk membayarnya heheheh… ๐Ÿ˜€ dan juga jangan lupa membawa uang lebih, karena biasanya ada biaya admin untuk pembayaran di Indomaret seperti halnya juga di lokasi pembayaran lainnya.

Dan berikut ini langkah-langkah membayar tagihan listrik PLN di Indomaret:

  1. Datangi bagian kasir Indomaret dan bilang anda ingin membayar tagihan listrik/PLN.

    Suasana kasir Indomaret ketika akan membayar tagihan listrik PLN

    Suasana kasir Indomaret ketika akan membayar tagihan listrik PLN.

  2. Kasir akan menanyakan nomor ID Pelanggan PLN anda, kita tinggal sebutkan saja. Jika anda membawa struk pembayaran bulan sebelumnya, tinggal berikan saja kepada petugas kasir tersebut.
  3. Jika kita hanya menyebutkan nomor ID Pelanggan saja, maka petugas kasir akan mengkonfirmasi data pelanggan PLN anda. Biasanya dengan menanyakan nama pemilik rekening PLN tersebut kepada anda dan mencocokkan data yang tertera pada sistem.
    * Hal ini maksudnya adalah untuk menghindari kesalahan pembayaran jika anda menyebutkan nomor ID Pelanggan yang salah.
  4. Kemudian, kasir akan menyampaikan jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan ditambah biaya admin.
  5. Terakhir, anda tinggal bayar sesuai dengan total tagihan dan anda akan menerima struk pembayaran tagihan listrik dari Indomaret.

    Struk pembayaran tagihan listrik di Indomaret

    Struk pembayaran tagihan listrik di Indomaret

 

Informasi tambahan:

  • Nomor ID Pelanggan PLN bisa dilihat di struk pembayaran bulan sebelumnya dan biasanya tertera juga pada meteran listrik yang terpasang di rumah anda.
    * ID Pelanggan ini sebaiknya dicatat saja di handphone untuk memudahkan melakukan pembayaran di mana saja, sehingga tidak harus membawa-bawa struk pembayaran.

    Nomor ID Pelanggan PLN yang tertera di meteran listrik

    Nomor ID Pelanggan PLN yang tertera di meteran listrik

  • Pada saat saya melakukan pembayaran ini, biaya adminย untuk layanan pembayaran tagihan listrik di Indomaret ini adalah sebesar Rp 2.000 (dua ribu rupiah). Nominal ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan penyedia layanan.
  • Struk bukti pembayaran tagihan listrik dari Indomaret dapat anda simpan untuk berjaga-jaga jika diperlukan, karena struk ini dinyatakan sebagai bukti pembayaran yang sah oleh PLN.

Demikianlah panduan kali ini dan semoga bisa membantu. Jika barangkali ada pengalaman yang ingin dibagikan atau informasi lainnya silakan jangan sungkan untuk mengisi kotak respons di bawah. ๐Ÿ™‚

Respons

Beri Respons