Bayar Tagihan PDAM Tirta Raharja di Alfamart

Akhir-akhir ini PDAM tempat saya berlangganan air PAM yaitu PDAM Tirta Raharja pasokan airnya sedang tidak stabil. Meskipun begitu, tagihan harus tetap dibayarkan (yaa iyalaah… emangnya ini perusahaan punya bapak moyang loe! ๐Ÿ˜› ). Seperti yang sudah pernah saya tulis bahwa saya seringnya membayar tagihan air PAM (PDAM Tirta Raharja) di Indomaret. Akan tetapi terkadang jika terdapat kendala seperti gangguan koneksi ataupun sistem di jaringan Indomaret, saya terpaksa harus mencari alternatif lain. Salah satu yang jadi pilihan adalah dengan melakukan pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja di Alfamart. Saya sekarang sedang berusaha caranya supaya tidak terlambat lagi membayar tagihan air PAM ini. ๐Ÿ˜€

Biasanya, di setiap daerah akan ada gerai Alfamart yang terletak tidak jauh dari gerai Indomaret (persaingan ketat, Bung! ๐Ÿ˜€ ). Dalam hal ini di lokasi saya memang terdapat gerai Alfamart, tapi lokasinya agak jauh dari gerai Indomaret yang biasa saya kunjungi. Tetapi tidak apa-apa meskipun agak jauh, daripada saya harus pergi ke kantor PDAM yang letaknya lebih jauh lagi hanya sekedar untuk membayar tagihan air. ๐Ÿ˜› Belum lagi malesnya berhadapan dengan petugas pembayaran di loket kantor PDAM yang menurut saya terkadang kurang ramah (mukanya “asem” ๐Ÿ˜€ ), mendingan ketemu tรฉtรฉh-tรฉtรฉh gemes kasir minimarket. ๐Ÿ˜†

Logo neon di gerai Alfamart

Gerai Alfamart

Seperti halnya di jaringan Indomaret, di jaringan Alfamart pun menyediakan layanan untuk berbagai macam pembayaran seperti tagihan listrik, air, telepon, asuransi, cicilan, pajak, pembelian online, dll. Maka dari itu saya tidak terlalu khawatir kalau salah satunya sedang terkendala karena masih bisa dicoba di jaringan minimarket satunya lagi.

Nah, ini adalah panduan melakukan pembayaran tagihan PDAM yang bisa dilakukan di jaringan gerai Alfamart ataupun minimarket lain pada umumnya. Saya di sini membayarkan tagihan PDAM Tirta Raharja (untuk wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandungย dan Kabupaten Bandung Barat). Bagi yang belum pernah atau belum tahu, silakan disimak langkah-langkahnya:

  1. Datangi kasir Alfamart.
    Katakan pada petugas kasir anda ingin membayar tagihan PDAM. Jika anda sedang di luar wilayah, sebutkan juga nama PDAM tempat anda berlangganan.

    Kasir Alfamart

    Kasir Alfamart

  2. Beritahu nomor pelanggan PDAM anda.
    Beritahu nomor pelanggan rekening PDAM yang akan dibayar, dan petugas kasir akan mengecek pada sistem. Kemudian petugas kasir tersebut akan memastikan nama rekening yang akan dibayar apakah sudah benar, hal ini untuk menghindari kesalahan jika anda salah menyebutkan nomor pelanggan. Selain itu, jika tidak ingin repot cukup dengan menyerahkan bukti pembayaran bulan sebelumnya pada petugas kasir tersebut.
  3. Petugas kasir kemudian akan memberitahu berapa jumlah total yang harus dibayarkan.
    Total nominal yang harus dibayarkan adalah jumlah tagihan PDAM anda ditambah biaya admin sebesar Rp 2.500 (dua ribu lima ratus rupiah).
  4. Bayar tagihan sesuai yang disampaikan oleh petugas kasir.
    Anda bisa membayar dengan uang tunai atau ATM / kartu debit / kartu kredit (BCA, Mandiri, BRI, dll) ataupun kartu prabayar Alfamart.
  5. Terima struk pembayaran.
    Kasir akan menyerahkan struk pembayaran PDAM dari Alfamart dan tentu saja uang kembalian (jika ada kembalian ๐Ÿ˜€ ).

    Struk pembayaran tagihan air PAM PDAM Tirta Raharja di Alfamart

    Struk pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja di Alfamart

     

Catatan:

  • Nomor pelanggan PDAM dapat dilihat pada bukti pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak PDAM bersangkutan.

    Bukti pembayaran tagihan air PDAM Tirta Raharja

    Nomor pelanggan PDAM yang tertera pada bukti pembayaran tagihan air PDAM Tirta Raharja

  • Struk pembayaran PDAM yang didapat dari kasir Alfamart sudah ditetapkan sebagai bukti pembayaran yang sah oleh PDAM yang bersangkutan. Maka dari itu bisa disimpan jika sewaktu-waktu diperlukan.
  • Biaya admin untuk pembayaran tagihan air PDAM ini adalah sebesar Rp 2.500 (dua ribu lima ratus rupiah), tetapi bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan penyedia layanan.
  • Setelah melakukan pembayaran, harap cek kembali total tagihan yang tertera pada struk pembayaran apakah sesuai dengan yang anda bayarkan. Hal ini untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terjadi hal yang tidak diinginkan oleh oknum kasir minimarket yang “nakal”.

Demikianlah panduan cara pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja di Alfamart, mudah kan? ๐Ÿ™‚ Seperti biasa, jika ada yang ingin ditanyakan ataupun ingin menambahkan informasi ataupun pengalaman anda, jangan sungkan untuk berbagi pada kotak respons di bawah.

Respons

Beri Respons