Berkas yang Diperlukan untuk Melamar Kerja ke Perusahaan Swasta

Pada artikel ini, saya akan memberikan informasi mengenai berkas yang diperlukan untuk melamar kerja ke perusahaan swasta baik itu berkas lamaran berupa fisik (kertas hardcopy) maupun berkas dalam bentuk file data digital (softcopy). File data digital ini adalah berkas yang dapat digunakan melamar kerja melalui surat elektronik (email) maupun sistem online lainnya.

Akan tetapi, pada umumnya inilah berkas harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk melamar kerja ke perusahaan swasta :

  1. Pas foto

Foto ini biasanya memuat foto kita pribadi setengah badan, berpenampilan rapi dan harus menggunakan pakaian formal. Kebanyakan ukuran foto yang diminta adalah pas foto ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6 namun terkadang ada beberapa tempat yang meminta foto ukuran 4R postcard yang memuat foto seluruh badan.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Saat ini pemerintah sudah mewajibkan untuk memiliki KTP Elektronik (E-KTP), akan tetapi bagi yang belum memiliki E-KTP masih dapat melampirkan Surat Domisili dari pemerintah setempat ataupun Surat Keterangan Perekaman E-KTP dari DISDUKCAPIL di wilayah masing-masing.

  1. Kartu SIM, BPJS-Kesehatan, BPJS-Ketenagakerjaan, Dan NPWP

Pada umumnya berkas ini tidak diwajibkan pihak perusahaan sebagai salah satu berkas lamaran kerja, kecuali bagi posisi tertentu yang menuntut adanya berkas ini. Misalnya syarat pada posisi pekerjaan tertentu harus bisa mengendarai kendaraan tertentu maka pelamar wajib memiliki SIM. Atau bisa juga memang dari pihak perusahaan yang meminta berkas ini sebagai syarat wajib bagi pelamar yang sudah memilikinya. Namun jika memang belum memiliki berkas ini dan lowongan tersebut tidak mensyaratkannya, maka tidak perlu dilampirkan.

  1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran biasanya cukup hanya 1 lembar saja dibuat berupa ketikan ataupun ditulis tangan, kecuali bagi pihak perusahaan yang mensyaratkan surat lamaran harus ditulis tangan. Tulislah surat lamaran dengan menggunakan bahasa yang baku, formal, dan sopan. Kemudian sesuaikan tanggal pembuatan surat, pihak perusahaan yang dituju, dan jangan lupa untuk di tandatangani.

  1. Daftar Riwayat Hidup / Biodata Pribadi / Curriculum Vitae (CV)

Berkas ini umumnya memuat informasi mengenai data diri dan rincian riwayat kehidupan pelamar. Berkas ini bertujuan agar deskripsi pribadi yang disampaikan menunjukan kesesuaian kriteria yang disyaratkan oleh perusahaan untuk mengisi posisi tertentu. Hal ini umumnya  menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk memilih pelamar sebagai calon karyawan. Buatlah berkas ini dengan teratur, tersusun rapi, dan terperinci dari satu bagian ke bagian lain misalnya data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kehidupan organisasi, dan lain sebagainya.

  1. Ijasah Pendidikan Terakhir Beserta Transkip Nilai

Persiapkanlah fotocopy ijazah dan tranksrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang tempat menempuh pendidikan baik itu pihak sekolah maupun perguruan tinggi. Bagi yang mendapat kesulitan melegalisir ijazah tersebut dikarenakan tempat menempuh pendidikan sudah pindah atau tidak ada lagi, maka ada solusi untuk mengatasinya. Untuk tingkat SMU dan sederajat dapat melegalisir ke Dinas Pendidikan tingkat provinsi, sedangkan untuk tingkat Perguruan Tinggi dapat melegalisir ke Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) di kantor wilayah masing-masing.

  1. Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)

Berkas ini didapatkan melalui Dinas Ketenagakerjaan tingkat kota maupun provinsi di wilayah masing-masing. Jangan lupa untuk di fotocopy dan dilegalisir.

  1. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat untuk perusahaan swasta biasanya cukup surat yang dikeluarkan oleh puskesmas maupun klinik pelayanan kesehatan medis. Akan tetapi ketentuan dari berbagai  perusahaan swasta mungkin berbeda-beda untuk berkas ini. Ada yang mensyaratkan surat sehat harus dikeluarkan oleh Rumah Sakit tertentu (RSUD ataupun harus dari Rumah Sakit swasta tertentu). Ada juga yang harus melampirkan surat pemeriksaan General Check-Up sampai ada pula yang menentukan salah satu syarat melamar kerja harus melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba Dan Psikotropika. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) ini bisa berasal dari rumah sakit, pelayanan pemeriksaan laboratorium swasta, ataupun bisa juga yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

  1. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

SKCK untuk perusahaan swasta biasanya cukup yang dikeluarkan oleh kepolisian tingkat POLSEK. Jangan lupa di fotocopy dan dilegalisir.

  1. Surat Pengalaman Kerja (Paklaring)

Berkas ini khusus bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja formal dan diberikan surat pengalaman kerja oleh perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Bagi fresh-graduate dan belum memiliki pengalaman kerja formal, berkas ini tidak perlu dilampirkan. Untuk tujuan memberikan nilai lebih dari lamaran yang dikirimkan, bisa melampirkan sertifikat lainnya.

  1. Sertifikat Lain-Lain

Berkas ini dapat berupa hasil TOEFL terbaru, sertifikat pelatihan tertentu, sertifikat mengikuti seminar, sertifikat ikut serta dalam kepanitiaan, piagam penghargaan, ataupun prestasi lainnya yang dapat menambah nilai positif diri kita kepada pihak perusahaan.

Demikian artikel mengenai hal-hal apa saja yang diperlukan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan swasta. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk melamar pekerjaan dan para pelamar kerja bisa segera mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan di perusahaan yang terbaik.

Terima kasih semuanya, nantikan kembali artikel-artikel lainnya yang pastinya informatif dan bermanfaat bagi anda hanya di Riftom.Com. 🙂


Respons

Beri Respons