Cara Mematikan (Menunda) Alarm Peringatan pada Meteran Listrik Prabayar

Ketika sisa pulsa listrik pada meteran listrik prabayar tinggal sedikit, maka meteran akan mengeluarkan suara alarm (buzzer) berbarengan nyala lampu peringatan. Suara peringatan ini berbunyi seperti “tiiit…. tiiit…. tiiit…” dan berulang terus secara konstan. Volume suaranya lumayan nyaring ( dan lama-kelamaan terasa mengganggu 😀 ) apalagi kalau berbunyi di malam hari yang sedang sepi-sepinya.

Suara dan lampu alarm peringatan pulsa listrik menyala

Bunyi alarm peringatan ini menandakan pulsa listriknya sudah mencapai batas kWh minimum, yang sebenarnya batas kWh minimum ini bisa diatur sesuai keinginan. Cara pengaturan batas kWh minimum untuk alarm, bisa disimak pada artikel Mengubah Batas kWh Minimum untuk Alarm pada Meteran Listrik Prabayar.

Jika hal ini terjadi, tidak usah panik karena sebenarnya kita bisa mematikan suara alarm peringatan pada meteran listrik prabayar tersebut. Hanya dengan satu langkah sederhana yaitu menekan tombol apa saja pada keypad meteran. Maka dengan langkah ini suara alarm akan berhenti, sedangkan lampu indikator merah akan tetap berkedip-kedip. Tombol-tombol yang bisa digunakan untuk mematikan suara alarm tersebut adalah tombol angka 0 sampai 9, tombol backspace (←) dan tombol Enter (↵). Referensi ini adalah untuk meteran dengan merek Hexing HXE116-KP, tapi saya kira untuk merek lain (Actaris/Itron, Conlog, Glomet, Star, Holey,  Landis Gyr, dll) juga caranya sama. Biasanya keterangan ini juga terdapat pada penutup meter transparan yang berbunyi kira-kira seperti ini “Tekan sembarang tombol untuk menonaktifkan suara alarm sementara”.

Tekan sembarang tombol untuk mematikan suara alarm sementara meteran listrik prabayar Hexing HXE116-KP

Tekan sembarang tombol untuk mematikan suara alarm.

Sebenarnya, cara ini bukan benar-benar mematikan alarm tapi hanya menunda alarm sampai jangka waktu yang sudah ditentukan pada setelan di meteran (setelan dalam satuan menit, misalnya 120 menit). Alarm akan menyala kembali jika jangka waktu tersebut sudah terlewati, kecuali dilakukan pengisian pulsa isi ulang listrik. Jangka waktu penundaan alarm ini juga sebenarnya bisa disetel sesuai keinginan kita, caranya lihat pada artikel Mengubah Setelan Waktu Tunda Alarm pada Meteran Listrik Prabayar.


Respons

Ada 4 respons untuk “Cara Mematikan (Menunda) Alarm Peringatan pada Meteran Listrik Prabayar”.

  1. Bambang

    Kalau bunyi buzzernya disetting otomatis bisa nggak? Misal: “Buzzer alarm kita seting selama 10 detik mati sendiri tanpa perlu kita tekan sembarang tombol”

    1. Wah, kalau setting supaya bunyi alarm otomatis mati sendiri saya belum tahu apakah bisa atau tidak. Tapi nanti kalau ada informasinya akan saya bagikan di blog ini.

  2. Debby Dian

    Klo dimatikan scr permanen bs ga? Krn sebelah rmh sy rmh kosong jd bunyi trs dan sgt mengganggu

    1. Saya belum tahu apakah suara alarm meter kWh ini bisa dimatikan permanen atau tidak. Mungkin nanti kalau ada informasi akan saya update di sini.

Beri Respons