Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar PLN

Mengisi pulsa isi ulang listrik prabayar itu sangat gampang. Pada awalnya saya tidak tahu sama sekali caranya, tetapi hanya dengan sedikit keberanian dan intuisi akhirnya saya berhasil mengisi pulsa listrik prabayar ini dengan sukses heheheh…. 😆 Meskipun terhitung mudah, ternyata saya temui ada juga beberapa orang yang tidak tahu caranya. Mengingat hal itu, berikut ini saya akan bagikan langkah-langkah penjelasan pengisian pulsa listrik prabayar (dilengkapi dengan panduan gambar), semoga bisa membantu.

Perlu diketahui bahwa meteran listrik PLN prabayar yang saya pakai adalah merek Hexing tipe HXE116-KP. Akan tetapi, saya rasa caranya kurang lebih sama untuk meteran dengan tipe atau merek lain seperti Actaris/Itron, Conlog, Glomet, Star, Holey, Landis Gyr dan lain-lain.

Catatan tambahan: Jika alarm (buzzer) pada meteran berbunyi karena pulsa listrik sudah hampir habis, sebaiknya matikan terlebih dahulu alarm peringatan tersebut. Suara alarm yang berbunyi terus-menerus sangat tidak enak terdengar di kuping. 😀

Alarm peringatan kWh minim pada meteran Hexing

Alarm peringatan pada meteran merek Hexing HXE116-KP.

Cara mengisi ulang pulsa (token) listrik prabayar dengan 3 langkah mudah:

  1. Siapkan kode token
    Kode token ini adalah berupa kombinasi 20 digit angka yang didapat ketika kita membeli pulsa listrik prabayar, biasanya kode ini tertulis dengan format xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx atau xxxx-xxxx-xxxx-xxxx-xxxx. Pulsa listrik ini bisa dibeli melalui loket-loket penjualan listrik prabayar, penjual pulsa telepon seluler, kantor pos, minimarket, ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking dan lain-lain. Karena alasan kepraktisan, saya pribadi lebih suka membeli token listrik via internet banking BCA (KlikBCA). Kode token ini akan tercatat pada struk pembelian, baik struk yang dicetak ataupun struk digital. Kode token yang sudah dibeli ini sebenarnya tidak harus langsung dimasukkan ke meteran listrik, kita bisa memasukkan kode ini kapan saja. Hal ini dikarenakan kode token ini tidak memiliki tanggal kadaluarsa, tidak seperti kode voucher pulsa handphone (seluler) yang memiliki batas masa berlaku.

    KlikBCA - Kode token pulsa listrik PLN prabayar

    Kode token pulsa listrik PLN prabayar pada struk pembelian digital via KlikBCA.

    Info tambahan: Untuk melihat daftar transaksi pembelian token yang telah dilakukan, silakan klik http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html dan masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter pada kolom Pencarian.

  2. Masukkan kode token ke dalam meteran
    Cara memasukkan kode token ini adalah dengan cara menekan tombol angka pada keypad meteran sesuai dengan kode token. Ketika kita menekan tombol angka kode token, pada layar LCD akan tertera angka-angka yang sedang dimasukkan. Pada sudut kanan atas juga akan muncul jumlah angka kode yang sudah kita masukkan (lihat artikel Hexing tipe HXE116-KP untuk melihat bagian Keterangan Angka Menu).Jika salah menekan angka, hapuslah angka tersebut menggunakan tombol backspace (←).

    Keterangan layar LCD ketika memasukkan kode token pada meteran listrik

    Keterangan layar LCD ketika memasukkan kode token pada meteran listrik.

    Keterangan gambar:
    1. Jumlah kode token yang telah berhasil dimasukkan, kode token sudah lengkap jika totalnya sudah berjumlah 20 digit.
    2. Kode token yang sedang dimasukkan.
    3. Lampu indikator pulsa listrik (Status Kredit) masih tetap berkedip-kedip merah, dan akan berhenti jika pengisian pulsa listrik sudah berhasil.

    Memasukkan kode token baru 8 digit pada meteran listrik Hexing

    Memasukkan digit ke-8 kode token pada meteran listrik.

    Memasukkan kode token lengkap 20 digit pada meteran listrik Hexing

    Memasukkan digit ke-20 (digit terakhir) kode token pada meteran listrik.

  3. Tekan tombol “Enter”
    Jika 20 digit kode sudah dimasukkan semua dengan lengkap dan benar, maka langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “Enter“. Tombol “Enter” ini adalah tombol yang berwarna merah dan bergambar . Apabila kode token yang dimasukkan benar, maka layar LCD akan menampilkan keterangan tulisan “benar“, kemudian disusul dengan tampilnya jumlah kWh listrik yang ditambahkan. Nah jika sudah begini, berarti pengisian pulsa token listrik prabayar ini sudah berhasil. Layar LCD kemudian akan kembali ke mode normal yang menampilkan jumlah kWh pulsa listrik yang baru (sisa kWh terdahulu ditambah kWh listrik yang ditambahkan). Lampu indikator Status Kredit pun akan kembali menyala hijau.

    Tekan tombol "Enter" setelah memasukkan 20 digit kode token listrik

    Tekan tombol “Enter”.

    Keterangan "benar" kode token berhasil dimasukkan pada meteran listrik prabayar

    Keterangan tulisan “benar”.

    Keterangan kWh pulsa listrik yang berhasil ditambahkan pada meteran listrik prabayar

    Keterangan pulsa listrik yang berhasil ditambahkan.

    Pulsa isi ulang listrik (kWh) telah bertambah

    Jumlah kWh telah bertambah.

     

UPDATE INFORMASI TAMBAHAN (9 Juni 2016):

Berdasarkan percobaan yang saya lakukan, ternyata kode token pulsa listrik yang sudah dibeli untuk nomor meter / ID Pelanggan tertentu TIDAK BISA digunakan pada meteran dengan nomor meter / ID Pelanggan yang berbeda. Jadi, harap berhati-hati ketika membeli pulsa / token listrik jangan sampai salah menyebutkan nomor meter atau nomor ID Pelanggan anda, karena kalau salah satu angka saja maka token tersebut tidak akan bisa digunakan di meteran listrik anda. Berikut ini penjelasan resmi yang dikutip dari website PLN:

Apakah Token Stroom dapat diisikan pada KWH Meter berbeda ?

Tidak. Token Stroom hanya dapat diisikan pada KWH meter sesuai dengan ID Meter yang disebutkan pada saat pembelian, sehingga tidak dapat digunakan di KWH Meter lain.

 


Respons

Ada 16 respons untuk “Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar PLN”.

  1. heanie

    Bisa gak kode token 20 digit yg seharusnya di masukan ke meteran A tapi dimasukan ke meteran B?

    1. Kalau seperti itu saya belum coba, tapi saya rasa kode token 20 digit yang dibeli untuk nomor meter tertentu tidak bisa digunakan kepada meteran dengan nomor lain.

      Nanti kalau sempat akan saya coba memasukkan kode token yang dibeli untuk meteran lain ke meteran listrik milik saya. Saya juga penasaran, nanti akan saya informasikan hasilnya.

      UPDATE: Saya sudah coba Memasukkan Kode Token Listrik Prabayar PLN ke kWh Meter dengan Nomor ID Meter Berbeda

  2. ardian

    Mau Tanya. Kok saya isi pulsa listrik tapi gak masuk”? Itu gimana ya

    1. Setelah selesai memasukkan kode token dan menekan tombol “Enter” keluar tulisan “gagal” atau bagaimana? Kalau keluar tulisan “gagal” biasanya kode yang dimasukkan ada yang salah.

  3. Novan

    Tolong dong berikan kode rahasia MCB merek HXE116-KP apa aja ..
    Seperti cek tanggal terakhir pengisian, atau yg lainnya

    1. Info tentang kode rahasia meteran Hexing HXE116-KP lainnya nanti akan ditambahkan menyusul, sabar aja ya… 🙂

  4. adi

    kenapa saya beli token lwat i bangking dapat nya ko cma 10 digit ya.. gagal trs..
    mohon pencerahannya??

    1. Wah, aneh juga kalau kode token-nya cuma 10 digit. Coba saja laporkan masalah tersebut ke pihak bank yang bersangkutan atau bisa juga ke PLN-nya langsung.

  5. otoy

    M’f saya dah coba isi token tpi g bsa terus, di kwh nya ada tulisan periksa terus, mogon penjelasanya

    1. Kalau meterannya bermasalah seperti itu lebih baik dilaporkan ke PLN saja, dan sekalian konsultasikan ke petugasnya tentang masalah ini.

  6. Linoch

    Kalo jumlah KWH nya masih banyak trus mau isi lagi itu bisa gak ya ?

    1. Bisa, meteran listrik prabayar BISA diisi token lagi meskipun kWh pulsa listrik masih banyak.

      1. marina

        knp saya isi ulang 2 hari yg lewat dan baru saya isi skrg sudah tdk bisa? ada apa ya?

        1. Seharusnya sih masih bisa… kalo seperti itu sih lebih baik komplain ke kantor PLN supaya dapat penjelasan yang lebih akuratnya.

Beri Respons