Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Rekening Baru Bank BCA

Bank BCA merupakan salah satu bank besar dan terkenal di Indonesia terutama di kota-kota besar yang dinilai memiliki produk dan fasilitas perbankan yang mumpuni untuk menunjang transaksi keuangan bagi kebutuhan  masyarakat perorangan, organisasi, maupun bisnis. Jika kita ingin memakai produk dan menikmati fasilitas yang diberikan bank ini tentunya kita harus terlebih dahulu menjadi nasabah bank BCA dengan membuka/memiliki rekening bank BCA.

Buku rekening bank BCA dan uang setoran

Buku rekening bank BCA dan uang setoran

Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membuka rekening baru bank BCA, persiapannya tidaklah sulit namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu dan wajib untuk ditaati, antara lain :

  1. Pastikan kita memiliki dan membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang sah dan masih aktif sesuai domisili masing-masing. Bagi calon nasabah yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa dapat mengganti KTP dengan Kartu Pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa dari sekolah maupun kampusnya masing-masing.
  2. Pada calon nasabah dengan kondisi tertentu wajib menunjukan Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Namun kita tidak perlu takut jika belum memiliki NPWP karena ketentuan ini hanya berlaku bagi golongan tertentu saja yang memang secara aturan perpajakan wajib memilikinya. Pihak bank pun pasti bersedia untuk membantu calon nasabahnya untuk melewati proses ini.
  3. Di Bank BCA saat ini terdapat peraturan bahwa membuka rekening baru bank BCA harus sesuai dengan daerah domisili yang tertera pada KTP calon nasabah. Misalnya, KTP kota Bandung hanya bisa membuka rekening baru bank BCA di semua cabang BCA yang ada kota bandung, dan tidak bisa membuka rekening baru bank BCA di kantor bank BCA di daerah lain. Kemudian bagaimana dengan masyarakat yang pindahan atau dalam kehidupan merantau, ataupun proses administrasi pindah domisili yang belum selesai ? Kita tidak perlu khawatir akan hal itu, karena bank BCA memberikan solusinya yaitu kita dapat memberikan surat keterangan domisili ataupun surat keterangan pindah dari pihak terkait. Khusus bagi yang status bekerja dapat menunjukan surat keterangan bekerja dari tempat kerja masing-masing. Dengan demikian kita tetap akan dibantu dan dilayani untuk memiliki/membuka rekening baru bank BCA.
  4. Saat kita akan membuka rekening bank baru tentunya harus ada setoran awal yang harus diberikan kepada pihak bank sekaligus saldo awal dalam tabungan kita. Setoran awal merupakan sejumlah uang dengan nominal tertentu yang diwajibkan setiap calon nasabah ketika akan memiliki/membuka rekening bank baru. Kepada nasabah umum bank BCA menetapkan setoran awal untuk rekening baru minimal Rp. 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah). Akan tetapi mengenai ketentuan setoran awal ini tergantung dari jenis produk yang diambil oleh calon nasabah itu sendiri, misalnya bagi jenis tabungan pelajar untuk setoran awal hanya Rp 50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah) saja. Sebaiknya kita mencari informasi akurat terlebih dahulu atau bisa juga menanyakan kepada petugas yang melayani kita agar memberikan kejelasan mengenai setoran awal pada produk bank yang akan diambil.
  5. Mungkin diantara kita ada yang bertanya “apakah bisa kita membuat rekening baru bank BCA sedangkan kita sudah memiliki rekening BCA sebelumnya, baik masih aktif maupun sudah tidak aktif lagi” ataupun “apakah bisa kita mengubah jenis produk tabungan di BCA dari satu produk satu ke produk lainnya ?”. Tersenyumlah kawan, karena hal itu bukanlah masalah namun tetap kita harus memberikan alasan tertentu yang bisa diterima oleh pihak bank. Contohnya jika ingin memiliki 2 rekening BCA aktif dapat memberikan alasan 1 rekening pribadi dan 1 rekening lagi digunakan khusus untuk bisnis. Contoh lainnya, jika dahulu pernah ada rekening BCA tetapi sekarang sudah tidak aktif lagi, kita bisa memberikan alasan terpaksa pindah ke rekening bank lain karena tuntutan dari kantor, dan banyak hal lainnya yang bisa disampaikan ke pihak bank.

Ketika kita sudah siap dengan hal tersebut diatas, maka simaklah cara membuat rekening baru bank BCA ketika kita langsung mendatangi ke kantor cabang atau outlet bank BCA terdekat di kota masing-masing. Tentunya perhatikan juga jadwal hari kerja dan jam operasional bank tersebut.

Selamat memiliki rekening baru, Kawan. 😉

 

Tautan Eksternal

Respons

Beri Respons