Membayar Tagihan Air PAM di Kantor Cabang PDAM Tirta Raharja

Gara-gara telat bayar tagihan, akibatnya saya harus membayar tagihan air PAM di kantor cabang PDAM  Tirta Raharja. Memang kalau sudah pernah mendapatkan surat peringatan tunggakan tagihan, biasanya harus melakukan pembayaran langsung di kantornya. Kecuali kalau tunggakannya tidak terlalu ‘parah’ sih biasanya masih bisa membayar di minimarket.

bukti pembayaran tagihan pelanggan PDAM Tirta Raharja

Bukti pembayaran PDAM Tirta Raharja

Dulu sebelum banyak tempat pembayaran dan fasilitas pembayaran tagihan secara online, kita terbiasa melakukan pembayaran tagihan air PAM ini di kantor cabang PDAM setempat. Tapi untuk sekarang rasanya lebih praktis kalau membayar di berbagai lokasi terdekat, seperti Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, atau loket pembayaran lainnya.

Apalagi sekarang sudah sangat banyak fasilitas pembayaran secara online. Pembayaran online ini bisa kita lakukan baik itu di website ecommerce atau melalui aplikasi smartphone yang menyediakan layanan pembayaran tagihan PDAM. Rata-rata aplikasi e-wallet sekarang juga sudah bisa melayani berbagai macam pembayaran tagihan PDAM di berbagai daerah.

Memang sih, lokasi Kantor PDAM Tirta Raharja ini tidak terlalu jauh dari rumah (tidak sampai 2 km). Tapi, tentu saja masih lebih dekat lokasi Indomaret yang hanya beberapa puluh meter saja. hehehe 😀 Tapi bagi yang memang perlu untuk melakukan pembayaran di kantor PDAM Tirta Raharja, kali ini saya akan bagikan pengalaman saya.

Langkah-langkah Membayar Tagihan Air PAM di Kantor Cabang PDAM Tirta Raharja

Sebagai informasi bahwa saya melakukan pembayaran tagihan air PAM ini di PDAM Tirta Raharja – Kantor Cabang 5 Cimahi, yang alamatnya di Plaza Sangkuriang – Jl. Sangkuriang, Cimahi.

banner kantor cabang PDAM Tirta Raharja Sangkuriang Cimahi

Kantor cabang PDAM Tirta Raharja di Plaza Sangkuriang Cimahi

Untuk pembayaran di kantor cabang Tirta Raharja lainnya, saya kira sama saja langkahnya hanya mungkin ada sedikit perbedaan seperti di prosedur antrian. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi lokasi kantor cabang PDAM Tirta Raharja.
  2. Langsung menuju ke loket pembayaran tagihan.
    Di sini pelanggan yang akan membayar tagihan saya perhatikan sangat sedikit, jadi jarang terdapat antrian. Kalaupun ada antrian, tidak terlalu banyak orang mungkin hanya 2-3 orang saja. Kita bisa menunggu giliran antrian sambil duduk di deretan kursi yang disediakan.
  3. Selanjutnya kita tinggal menyebutkan nomor ID pelanggan PDAM atau bisa juga dengan menyerahkan kuitansi pembayaran bulan sebelumnya kepada petugas loket. Petugas tersebut akan mengecek dan memberitahukan jumlah tagihan PDAM yang harus dibayarkan.
  4. Kemudian, bayar sesuai jumlah tagihan.
  5. Kita akan menerima bukti pembayaran dari petugas tersebut dan tagihan pun sudah berhasil dibayarkan alias lunas. 🙂

Nah, sangat gampang kan… sama saja seperti melakukan pembayaran di loket-loket pembayaran lainnya. Tetapi, mudah-mudahan saja ini bisa membantu bagi yang belum pernah atau belum terbiasa dengan prosesnya. Memang terkadang melakukan hal untuk pertama kalinya kita suka bingung atau gugup, bahkan untuk hal yang sederhana sekalipun.

Prosesnya sangat mudah, bahkan menurut saya sangat nyaman karena tidak banyak orang yang melakukan pembayaran di sini -jadi prosesnya lebih cepat-.

pintu masuk kantor cabang PDAM Tirta Raharja Sangkuriang Cimahi

Antrian kosong di kantor cabang PDAM Tirta Raharja Sangkuriang Cimahi

Tapi terkadang justru faktor-faktor di luar itu yang bikin saya males melakukan pembayaran tagihan di sini. Kemungkinan itu juga yang dirasakan orang lain yang enggan melakukan pembayaran tagihan di tempat ini. Hal-hal yang bikin malas bayar di sini beberapa di antaranya seperti macet di perjalanan, parkir penuh, sampai sikap petugas yang kurang ramah (haseum lah, meni teu seuri-seuri acan wkwkwk)  🙁

Okelah kalau begitu, sekian dulu untuk kali ini. Jangan lupa kalau yang mau berbagi pengalaman ataupun bertanya silahkan membagikannya di kotak respons di bawah. 🙂

 

Tautan:

0 Respons

Beri Respons