Mengubah Batas kWh Minimum untuk Alarm pada Meteran Listrik Prabayar

Kali ini saya akan membagikan langkah-langkah mengubah batas kWh minimum untuk alarm pada meteran listrik prabayar PLN (lengkap dengan panduan gambar). Maksud dari batas kWh minimum disini adalah berapa jumlah sisa kWh listrik yang akan menyebabkan alarm meteran listrik menyala (berbunyi). Jadi jika kita ingin peringatan alarm menyala ketika jumlah pulsa listrik kita sudah tersisa 10 kWh, maka batas kWh minimum harus disetel di angka 10. Seperti yang kita ketahui, meteran listrik akan memberikan bunyi peringatan ketika sisa pulsa listrik sudah mencapai jumlah tertentu.

Sisa pulsa listrik token minim

Sisa pulsa listrik.

Suara dan lampu alarm peringatan pulsa listrik menyala

Alarm meter menyala karena sisa kWh listrik sudah mencapai batas minimum.

Perangkat meter listrik prabayar memiliki setelan bawaan pabrik yang salah satunya yaitu batas kWh minimum untuk alarm ini. Setelan limit ini bisa saja berbeda untuk masing-masing tipe dan merek. Untuk meter listrik Hexing yang saya gunakan, batas minimal untuk alarmnya kalau tidak salah adalah 20 kWh (tolong dikoreksi kalau salah).

Mengapa kita perlu mengubah batas kWh minimum untuk alarm pada meteran listrik prabayar? Jawabannya tentunya kembali kepada kondisi masing-masing, tapi intinya hal ini berguna untuk kenyamanan kita sendiri. Meskipun alarm peringatan ini bisa dimatikan sementara, tapi akan lebih nyaman jika kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Untuk penjelasannya, saya terangkan dengan contoh seperti di bawah ini.

Misalnya jumlah pemakaian listrik di rumah kita adalah 10 kWh per hari, dan batas kWh minimum disetel di angka 10 kWh. Maka ketika alarm meteran listrik berbunyi, berarti kita masih mempunyai 10 kWh sisa pulsa listrik. Itu artinya, kita masih mempunyai waktu kurang lebih 1 hari (24 jam) untuk mengisi ulang pulsa listrik sebelum benar-benar habis. Jika kita ingin diberitahu 3 hari sebelum listrik habis, maka batas minimal alarm yang harus disetel adalah di angka 30 kWh (3 hari x 10 kWh per hari). Untuk menghitung jumlah pemakaian listrik per hari, baca juga cara menghitung rata-rata pemakaian listrik harian di rumah kita.

Contoh lainnya, misalnya untuk suatu kantor perusahaan pengisian pulsa sudah dijadwalkan setiap tanggal 30 tiap bulannya dan batas alarm listrik disetel di angka 20 kWh. Maka jika misalnya tanggal 27 alarm listrik sudah berbunyi, maka kita masih punya ‘jatah’ listrik sebesar 20 kWh yang masih bisa kita gunakan. Dan sisa pulsa listrik ini tentunya harus diusahakan agar mencukupi sampai jadwal pengisian berikutnya yaitu tanggal 30. Jika batas 20 kWh tersebut dirasa terlalu minim, maka batasan alarm tersebut bisa diperbesar sesuai kebutuhan misalnya menjadi 40 kWh.

Contoh lain lagi, jika penggunaan listrik di rumah kita relatif hemat. Maka batas kWh untuk alert (peringatan) sebesar 10 kWh jika dirasa terlalu besar dapat kita ubah menjadi 5 kWh saja.

Tentu saja kebutuhan tiap orang akan berbeda-beda, dan keadaan di atas hanyalah sedikit contoh dari manfaat pengaturan limit tersebut. Jadi mengenai pengaturan limit kWh alarm ini silakan dipertimbangkan menurut kebutuhan masing-masing.

Cara mengubah batas kWh minimum untuk alarm pada meteran listrik prabayar

Untuk merek Hexing tipe HXE116-KP seperti yang terpasang di rumah saya caranya adalah dengan menekan kode 456 dilanjutkan dengan 2 digit angka batas kWh yang diinginkan. Kemudian jangan lupa tekan tombol Enter (↵).

Misalnya jika kita ingin mengubah batas alarmnya menjadi 10 kWh, maka kode angka yang harus ditekan adalah 45610. Jadi, 456 adalah kode perintahnya sedangkan 10 adalah batas kWh yang akan digunakan.

Tekan 45610 - Mengubah batas minimal kWh untuk alarm pada meteran listrik prabayar

Tekan kode angka 45610 pada papan tombol meteran.

Tekan Enter - Mengubah batas minimal kWh untuk alarm pada meteran listrik prabayar

Kemudian tekan tombol “Enter” pada papan tombol meteran.

Tampil angka 10 sebagai setelan - Mengubah batas minimal kWh untuk alarm pada meteran listrik prabayar

Maka akan muncul tampilan angka 10.00 pada LCD meter, yang berarti setelan batas alarm sekarang menjadi 10 kWh.

Untuk meteran listrik prabayar merek lain (Melcoinda, Glomet, Star, Holey, Actaris/Itron, Conlog, Landis Gyr, dll) saya kira caranya sama saja, karena saya coba cari di beberapa website lain pun informasinya seragam.

Bagaimana cara mengetahui batas kWh minimum untuk alarm yang sudah disetel pada meteran listrik kita?

Untuk mengecek setelan batas minimal kWh alarm yang sudah tersimpan pada meteran listrik kita adalah dengan menekan kode angka 79 pada tombol angka meteran. Kemudian (lagi-lagi) tekan tombol Enter (↵). Pada layar LCD meteran, akan muncul digit angka yang mewakili jumlah kWh minimal untuk alarm.

Tekan kode angka 79 - Cek batas minimal kWh alarm meteran listrik prabayar

Tekan kode angka 79 pada papan tombol meteran.

Tekan tombol Enter - Cek batas minimal kWh alarm meteran listrik prabayar

Kemudian tekan tombol “Enter”.

Tampil setelan angka batas kWh alarm - Cek batas minimal kWh alarm meteran listrik prabayar

Maka akan tampil setelan batas alarm yang tersimpan (pada contoh ini tampil angka 5.00, yang artinya adalah 5 kWh).

 

Berapa saja batas kWH untuk alarm yang bisa digunakan?

Batas minimal kWh terbesar yang bisa digunakan adalah 99 kWh, dengan kode 45699. Jika kita coba memasukkan kode 456100 (misalnya untuk 100 kWh), setelah ditekan tombol Enter (↵) maka perintah tersebut tidak berpengaruh apa-apa dan meteran pun tidak akan memproses kode. Hal ini disebabkan karena kode perintah ini harus berjumlah 5 digit angka yaitu 456XX.

Menekan 6 digit angka (456100) pada meteran token listrik prabayar

Tekan kode angka 456100 pada kWh meter tidak berpengaruh apa-apa.

Jika kurang dari 5 digit pun (misalnya 4561), meteran listrik juga tidak akan memproses kode perintah tersebut dan hanya akan mengeluarkan peringatan bertuliskan “Gagal”.

Tekan angka 4561 - Menekan 4 digit kode perintah pada kWh meter listrik prabayar

Coba tekan kode perintah 4561.

Tekan tombol "Enter"- Menekan 4 digit kode perintah pada kWh meter listrik prabayar token

Lalu tekan tombol “Enter”.

Tampil pesan error "Gagal"- Menekan 4 digit kode perintah pada kWh meter listrik prabayar token

LCD menampilkan pesan “Gagal”.

Sedangkan untuk batas minimal kWh terkecil yang bisa digunakan adalah 5 kWh, dengan kode 45605. Jika kita mencoba memasukkan kode angka lebih kecil dari 05 (misalnya 45603 untuk 3 kWh), maka meter tetap akan menyetel ke angka 5 kWh.

Tekan kode perintah 45603 (ubah batas kWh minimum untuk alarm pada meter listrik prabayar)

Coba tekan kode angka 45603 untuk mencoba menyetel limit alarm ke 3 kWh.

Tekan "Enter" (ubah batas kWh minimum untuk alarm pada meter listrik prabayar)

Kemudian tekan “Enter”.

Limit alarm otomatis disetel ke angka minimal yaitu 5 kWh (ubah batas kWh minimum untuk alarm pada meter listrik prabayar)

Tapi meteran akan otomatis menyimpan angka setelan minimal yaitu 5 kWh.

Nah, itu dia salah satu kode rahasia meteran listrik untuk mengubah batas (limit) minimum kWh alarm pada meteran listrik prabayar PLN. Untuk trik selanjutnya, bisa disimak cara mengubah setelan waktu tunda alarm pada meteran listrik prabayar yang bisa membantu menghindari gangguan kebisingan alarm meteran listrik yang terlalu sering. 😉

Kalau ada informasi yang mau ditambahkan atau mempunyai pengalaman lainnya, jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom respons di bawah. 🙂


Tautan Eksternal

Respons

Ada 43 respons untuk “Mengubah Batas kWh Minimum untuk Alarm pada Meteran Listrik Prabayar”.

  1. Iwan

    Untuk merk star bagaimana caranya

    1. Untuk meter listrik prabayar merek Star saya belum pernah coba. Tapi silakan cara ini dicoba, siapa tahu kodenya sama. Karena saya baca-baca artikel lain, beberapa merek meteran ada yang kodenya sama.

      1. Merk pnya sya tulisan nya HXE12… yg mna sya mngira itu hexing jg… tp pas dipraktekkan lngkah2 diatas, blm brhasil

  2. yussa

    terimakasih.. membantu sekali..

    1. Sama-sama… senang bisa membantu… 🙂

  3. Bang, setelah mengecek batas minimal meteran kwh awal utk mengembalikan tampilan awalnya scara otomatis brubah atau gmna ya?

    1. Setelah selesai mengecek batas minimal kWh tunggu saja beberapa saat, nanti tampilan akan berubah secara otomatis ke tampilan awal.

  4. Ahmad

    Terimakasih informasinya sangat membantu, untuk merk itron settingnya sama.

    1. Sama-sama. Senang bisa membantu. 🙂

  5. Rusul fathur

    Terimakasih…sangat membantu..👍

  6. Nasef

    Saya udah set batas minimum 5kwh tpai di 9kwh masih saja bunyi knpa yaa???
    Udah dicek jga batasnya bner 5kwh
    Tolong kasih informasinya 😀

    1. Kalo kejadiannya seperti saya kurang tahu. Mungkin bisa lapor aja ke PLN, barangkali meterannya ada kerusakan.

  7. Kristanti

    Terimakasih infonya. Sangat membantu. 👍

    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke sini. 🙂

  8. Rifky

    Punya sy apa yg salah yah. Sbelum setting cara2 di atas ini. Alarm bunyi pada kwh kpala 2. Skarang jd ngaco stelah sy setting ikutin cara di atas yg kwh 100 aruran vuat bunyi. Trnyata kwh kpala 5. Udah bunyi. Mhon di bantu gan

    1. Maaf, saya agak bingung dengan pertanyaannya…
      Bisa diceritakan bagaimana kronologisnya dengan lebih detail?
      Kode perintah yang ditekan nya berapa?

  9. febry
  10. Ayu

    Terimakasih sangat membantu

  11. Revandz

    Terimakasih infonya… Sangat jelas informatif dan membantu…

  12. Iwan

    Sangat membantu bang…
    Tp kalau memperbaiki lcd muncul periksa gimana bang?

    1. Coba lihat di artikel Meteran Hexing, di situ ada beberapa link referensi ke website yang membahas masalah munculnya tulisan “Periksa” pada meteran listrik.

      1. Syahmac

        Merek glomet jika pemakaian over alram berbunyi lalu mati sendiri…harus nunggu 5menit nyala sendiri…bagaimana cara menormalkan kembali trimakasih sebelumnya

        1. Maaf, saya kurang paham dengan pertanyaannya? Maksudnya “pemakaian over” itu gimana ya?

          Apakah maksudnya pemakaian listrik melebihi daya yang terpasang di rumah?

  13. Rini

    Kalo kita tekan 45607 misalna.. ap y bisa ya? Jd tar bunyinya kalo sdh 7000 gtu ?

    1. Iya, bisa. Kalau dengan tekan kode 45607 berarti nanti alarm berbunyi kalau sudah sisa 7 kWh (atau kalau di meteran Hexing saya kalau sudah tertulis 7.00).

  14. ghozali

    Saya sudah mengganti batas minimal kwh,tapi saya salah ngetik harusnya 05 saya ketik 50,,gimana dong??

    1. Diulang lagi saja pakai kode yang benar, bisa kok…

  15. Noviaeka wulandari
  16. Musa Alwafa
  17. ozet

    klo ada lambang batere di meteran hexing
    kenapa ya?
    sebelum2nya gak ada lambang batere

    1. Saya kurang tahu kalau muncul lambang batere, mungkin nanti saya bagikan kalau ada informasi tentang hal tersebut. 🙂

  18. Irham

    Gimna untuk menormalkan kembali..saya udah isi pulsa tapi kok masih tetep bunyi..kmren saya pake cara yg 456 itu sblm isi plz..tpi kok udah isi plza msh tetep bunyi

    1. Bisa dicek terlebih dahulu berapa setelan yang sudah terpasang dengan menekan kode 79 dan tekan Enter. Kemudian dicek apakah sisa pulsa (setelah diisi) jumlahnya lebih besar dari dengan batas kWh pada setelan tersebut. Kalau sisa pulsa masih lebih kecil dari batas kWh, alarm akan tetap berbunyi. Solusinya, pulsanya ditambah lagi atau batasnya diperkecil.

      Sedangkan untuk menormalkan kembali batas kWh untuk alarm ini jujur saya belum tahu caranya. Tapi ini sekalian untuk mencoba mengatasi masalah tadi, maka harus dicoba menyetel batas kWh alarm di angka yang paling kecil yaitu 5 kWh. Masukkan kode 45605 dan tekan Enter pada meteran tersebut untuk menyetel batas kWh pada 5 kWh. Mudah-mudahan alarm tidak segera berbunyi setelah diisi pulsa. 🙂

  19. gils

    gan saya bete nih.. ciee curhat hehe..
    kode untuk merk star ada enggak yah? mohon bantuannya
    saya coba kode ini munculnya tulisan err-06
    googling kesana kemari kaga nemu gan 😂
    semua kode yg di tampilkan hanya sekedar pengecekan saja.
    sangat mengganggu karena setiap 1 jam sekali bunyi dan fals bnget pula bunyinya😂
    mohon infonya gan. terimakasih..

    1. Hehehe… ciee yang curhat 😀

      Untuk meteran merek Star saya belum pernah coba, jadi maaf belum bisa kasih solusi. Mungkin nanti kalau saya dapat informasinya, saya infokan di sini.
      Makasih juga udah berkunjung. 🙂

Beri Respons