Meteran Listrik PLN Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Ini adalah perangkat meteran PLN yang terpasang di rumah saya yaitu meteran listrik PLN prabayar merek Hexing dengan tipe produk HXE116-KP. Berikut ini penampakannya:

Meteran Listrik PLN Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Meteran Listrik PLN Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

 

Bagian-bagian Meter Listrik Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Bagian-bagian meter listrik PLN prabayar merek Hexing HXE116-KP

Bagian-bagian meter listrik PLN prabayar merek Hexing HXE116-KP

Keterangan gambar:

  1. Layar LCD
    Berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi pada meteran.
  2. Lampu LED Indikator
    Berfungsi sebagai indikator yang menandakan keadaan tertentu pada meteran.
  3. Spesifikasi Meter
    Berisi spesifikasi teknis meteran, tipe meteran dan pabrikan yang memproduksinya.
  4. Nomor Meter
    Nomor yang digunakan untuk membeli pulsa listrik (token).
  5. Optical Port
    Terminal komunikasi meter yang akan digunakan oleh petugas PLN untuk melakukan download data yang tersimpan di dalam memory kWh meter. – Sumber: Buku Manual kWh Meter Hexing.
  6. Papan Tombol / Keypad
    Tombol-tombol untuk melakukan perintah-perintah dengan memasukkan kode tertentu pada meteran.
  7. MCB (Miniature Circuit Breaker)
    Alat untuk membatasi daya terpasang di pelanggan dan pengaman terhadap arus hubung singkat yang dapat menyebabkan kebakaran – Sumber: Buku Manual kWh Meter Hexing.
  8. Penutup Terminal
    Penutup untuk melindungi terminal. Tindakan membuka/merusak penutup ini bisa didenda.
  9. Penutup Meter
    Penutup meter yang disegel menggunakan segel khusus PLN. Tindakan membuka/merusak segel PLN ini bisa didenda.

 

Indikator Lampu Meter Listrik Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Keterangan lampu LED indikator pada meteran PLN prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Lampu LED indikator pada meteran PLN prabayar merek Hexing HXE116-KP

Keterangan gambar:

  1. Status Kredit
    Menunjukkan status sisa pulsa listrik. Seperti yang tertera pada keterangan di bawah lampu, jika menyala hijau artinya pulsa listrik masih di atas batas minimum (cukup) dan jika menyala merah berkedip-kedip dan diiringi suara alarm artinya pulsa listrik sudah di bawah batas minimum. Batas minimum ini bisa kita atur sesuai kebutuhan, lihat caranya pada artikel Mengubah Batas kWh Minimum untuk Alarm pada Meteran Listrik Prabayar.
  2. Tamper
    Menunjukkan indikasi kesalahan/kebocoran arus listrik. Jika tidak menyala berarti listrik normal, tapi apabila menyala kuning artinya ada indikasi kebocoran arus listrik. Menurut beberapa artikel di instalasilistrikrumah.com, penyebab kebocoran ini bisa disebabkan oleh alat-alat elektronik yang tersambung ke listrik atau bisa juga karena kesalahan proses instalasi oleh petugas PLN. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel-artikel tersebut di bawah ini:

  3. 1000 imp/kWh
    Menunjukkan pemakaian energi listrik yang dinyatakan 1 kWh = 1000 pulse (digunakan untuk proses kalibrasi meter). – Sumber: Buku Manual kWh Meter Hexing. Artinya jika lampu merah ini sudah berkedip sebanyak 1000 kali, berarti telah terpakai energi listrik sebesar 1 kWh (tolong dikoreksi kalau saya salah 😀 ).

 

Keterangan Layar LCD Meter Listrik Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Keterangan tampilan pada layar LCD meteran listrik Hexing Tipe HXE116-KP

Keterangan tampilan pada layar LCD meteran listrik Hexing Tipe HXE116-KP

Keterangan gambar:

  1. Tanda Sinyal Bar
    Simbol seperti tanda sinyal ini belum saya temukan referensi tentang artinya. Jika ada pembaca yang tahu maksudnya, boleh dong dishare. 🙂
    UPDATE 08 Juni 2016 (Terima kasih kepada @Agus Jemblong): Tanda sinyal ini sebagai indikasi tingkat pemakaian. Banyaknya jumlah bar yang tampil berbanding lurus dengan besarnya tingkat pemakaian listrik yang sedang digunakan. Jadi kalau pemakaian listrik watt-nya sedang tinggi maka tampilan bar sinyal ini penuh (5 bar), dan semakin kecil pemakaian watt listriknya maka bar-nya pun semakin sedikit. Jika hubungan listrik terputus atau sangat kecil, maka tanda sinyal ini kosong. Untuk meter merek dan jenis lain mungkin bisa saja tanda ini sebagai indikasi sisa pulsa, tapi untuk Hexing HXE116-KP ini sudah saya cek bukan indikasi jumlah token. Berikut hasil pengecekannya:

    KWh meter Hexing HXE116-KP pulsa token sisa sedikit.

    Sisa pulsa tinggal sedikit, tanda sinyal berjumlah 5 bar.

    KWh meter Hexing HXE116-KP pulsa token masih banyak.

    Pulsa listrik ditambahkan, tanda sinyal tetap 5 bar.

  2. Simbol “Tangan”
    Muncul berbarengan dengan menyalanya indikator lampu kuning bertuliskan “tamper”, simbol ini menunjukkan adanya kesalahan/kebocoran arus listrik. Jika listrik normal, tanda ini tidak akan muncul.
  3. Tanda Satuan Listrik
    Menunjukkan satuan yang dipakai untuk menerangkan angka pada “Tampilan Utama”. Pada mode normal (tampilan standar meter), akan menampilkan teks “kWh” yang menerangkan satuan sisa kWh yang ditampilkan pada “Tampilan Utama”.
  4. Tampilan Utama
    Merupakan informasi utama yang ditampilkan pada layar LCD ini. Pada mode normal, menampilkan angka pulsa listrik yang tersisa (dalam satuan kWh). Pada saat kita menekan tombol angka pada Keypad, tampilan ini menampilkan angka yang kita tekan. Pada proses pengisian pulsa, tampilan ini menampilkan kode token yang sedang dimasukkan. Pada proses memasukkan kode menu meter listrik, tampilan ini menampilkan angka kode menu yang akan diakses.
  5. Keterangan Angka Menu
    Angka yang menunjukkan kode menu yang sedang diakses. Ketika menampilkan mode menu meter listrik, tampilan ini menampilkan angka kode menu yang sedang diakses. Pada mode normal, tampilan ini kosong.

 

Tombol pada Keypad Meter Listrik Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP

Keterangan tombol pada keypad meteran listrik PLN prabayar merek Hexing tipe HXE116-KP

Keterangan tombol pada keypad meteran listrik PLN prabayar merek Hexing tipe HXE116-KP

Keterangan gambar:

  1. Tombol Angka
    Tombol angka 0 sampai 9 untuk mengakses menu ataupun mengisi kode token listrik isi ulang.
  2. Tombol Backspace (Hapus)
    Berfungsi untuk menghapus angka terakhir yang sedang dimasukkan jika terjadi salah tekan angka, baik dalam mode pengisian pulsa listrik ataupun ketika mengakses kode menu.
  3. Tombol Enter
    Berfungsi untuk menjalankan perintah baik pada pengaksesan kode menu maupun pada proses pengisian kode token isi ulang.

 

Jika ada informasi yang bisa ditambahkan, silakan share di kolom respons. 🙂


Respons

Ada 49 respons untuk “Meteran Listrik PLN Prabayar Merek Hexing Tipe HXE116-KP”.

  1. Tanda signyal…..itu sebagian meter sebagai indikasi jml token, sebagian meter indikasi pemakaian,

    1. Terima kasih informasinya @Agus Jemblong.

      Saya coba periksa tanda sinyal ini, saat jumlah token tinggal sedikit dibandingkan dengan saat token sudah ditambahkan pulsanya ternyata tampilannya sama (sebanyak 5 bar). Jadi kesimpulan untuk meteran jenis ini, tanda sinyal itu bukan sebagai indikasi jumlah token listrik.

      Dan ternyata memang betul, ada kWh meter yang tanda sinyal ini artinya adalah indikasi tingkat pemakaian listrik (saya baru tahu dari keterangan di website PLN).

  2. Lanlan

    kWh saya merk Hexing, tadi sore alarm nya bunyi warna merah pulsa kurang dari 10, lalu saya isi pulsa 200 rb atau 133,9 kWh, lalu saya isikan nomor tokennya, setelah enter pulsa bertambah tapi muncul gambar telapak tangan, kenapa ya

    1. Dari yang saya tahu, munculnya tanda gambar telapak tangan pada meteran ini tidak ada hubungannya dengan pengisian pulsa listrik. Seperti dijelaskan pada artikel di atas, gambar tangan ini menandakan ada kesalahan/kebocoran di instalasi listrik atau dari alat elektronik yang terhubung ke jalur listrik.

      1. Putra

        Saya pernah mengalami muncul telapak tangan, saat cuaca hujan di sertai petir kemudian mati lampu, saat listrik pln mulai nyala ada muncul telapak tangan di layar saya pun tidak mengerti simbol itu?
        Apakah simbol tersebut dibiarkan saja atau saya harus melapor ke pihak PLN, Terima kasih.

        1. Sebaiknya dikonsultasikan saja ke petugas PLN, apalagi jika muncul gangguan fungsi seperti tidak bisa mengisi token dll.
          Untuk lebih jelasnya, silakan baca terlebih dahulu link artikel di bawah bawah keterangan lampu indikator “tamper”.

  3. Samuji

    Di layar lcd tidak nampak angka nya kenapa ya.. Mohon bantuanya terimakasih sebwlumnya

    1. Tidak nampak angkanya di bagian mana?

      Kalau tidak ada tampilan angka sama sekali, sebaiknya konsultasikan ke petugas PLN.

  4. maaf gan ijin screenshot, soalnya buat referensi tugas, kira2 boleh ?

    1. Maaf, screenshot-nya dinonaktifkan. Kalau untuk referensi sebaiknya cantumkan link saja ke artikel ini.
      Makasih 🙂

  5. yuhani

    Kalo mau cek pemakaian perhari kodenya apa ya ?

    1. Artikel untuk kode meteran lain (termasuk kode untuk cek pemakaian) akan saya update menyusul ya… 🙂

  6. refki towana

    Pak gimana mengatasi meteran muncul tukisan err—–?
    Mohon petunjuk

    1. Munculnya tulisan “err–“ di meteran listrik itu sepertinya singkatan dari “error”. Kalau meteran listrik menampilkan pesan error atau tidak berfungsi secara normal, sebaiknya konsultasikan saja ke PLN.

      Saran saya jika ada masalah terkait meteran listrik, jangan pernah mengutak-atik sendiri. Selain berbahaya, juga bisa didenda karena perangkat tersebut milik PLN (ada keterangannya di atas layar LCD).

  7. mike

    tanda signal bar, kekuatan listrik yg masuk, kalau misal nya watt nya lg rendah, berkurang bar nya, kalau normal full, bener gak sih

    1. Iya betul, kurang lebih seperti itu.

  8. kilometer saya muncul tangan dan sekarang jadi sangat boros pulsa 50k hanya cukup sekitar 6 hari, ini sekitar awal desember 2016 mulai borosnya dan muncul tangan hingga kini padahal dulu 50k bisa tahan setengah bulanan lebih…saat saya memanggil pihak pln dan waktu itu sudah malam toko saya tidak beroperasi dan pln datang malah direset mereka spontan tanganpun hilang tapi esoknya selalu muncul tangan…saya kira pihak pln datang mau memeriksa apakah meteran baik malah seperti mengelak mereka bilang ada sambungan yang berlebihan tolong bantuannya,,,

    1. Agustian

      Sdah teratasi blm mslahny? Ane jg kena problem yg sama

    2. Hery

      Iya pak rahmat reihan, jadi gini pak kemungkinan jika tiba tiba ada pemborosan pulsa namun beban yang digunakan dirumah sama bisa jadi ada arus yang kembali lagi ke jalur netral (grounding) yang berasal dari gardu. Masalah ini kerap terjadi di beberapa lapangan. Karena meter mengukur salah satu beban yang paling besar di phase dan netral, seharusnya beban antara phase dan netral sama. Namun karena ada grounding tadi menyebabkan arus di netral lebih besar sehingga pulsa tersedot lebih cepat.
      Terimakasih

  9. Nur

    Maaf gan sy mau tanya kwh merk haxing 116-kp dirumah saya bunyi trek trek di saat ada tulisan elor listrik padam total 10 menit trek hidup lagi listrik normal lagi 1 jam bunyi tut tut tut listrik padam lagi gitu dan gitu aja knpa y mohon petunjuk

    1. Saya sarankan jangan mengutak-atik sendiri meteran yang bermasalah seperti ini karena berbahaya.
      Sebaiknya cepat dilaporkan ke pihak PLN saja, karena sepertinya permasalahan meteran di rumah anda ini agak serius kalau sampai ada kejadian listrik padam berulang-ulang.

    2. Hery

      Kemungkinan suara tersebut berasal dari relay phase, dan jika ada tulisan err – – – kemungkinan ada kerusakan internal pada meter.

  10. Ryan

    Cara cek pulsanya gmana ya gan? Dan untuk perhitungan listrinya gmna?

    1. Cara cek pulsanya tinggal lihat saja di layar LCD-nya, di situ kan selalu tampil angka sisa pulsa listriknya.

      Untuk perhitungan listriknya (maksudnya tarif listrik?) saya kira sama saja seperti meteran lain pada umumnya. Yang mempengaruhi perhitungan tarif listrik saya kira bukan dari jenis atau merek meteran, tapi dari jenis golongan / besarnya daya listrik dan tentu saja dari banyaknya pemakaian peralatan elektronik.

      1. Ryan

        Kalau di lcdnya tulisanya 2410. Itu berarti dua ribu empat ratus sepuluh atau masih dua puluh empat ribuan?

        Terus saya pernah cari di google kalau cek pulsa tipe hexing pencet 801 terus enter apakah itu benar?

        1. Kalau sisa di LCD bertuliskan 2410 itu kalau dilihat lebih dekat sebenernya ada tanda titik di tengah-tengah, jadi itu sebenernya 24.10 (kalau di Indonesia artinya 24 koma 10).

          Angka sisa pulsa listrik itu bukan dalam satuan rupiah tapi dalam satuan kWh (kiloWatt-hour), jadi itu sisa listriknya berarti tinggal 24,10 kWh.

          Untuk kode yang 3 digit (3xx) seperti 801 atau lainnya, saya juga pernah coba dan kode tersebut ternyata tidak berfungsi. Jadi, sepertinya yang menulis artikel di web atau blog tersebut salah memberi informasi.

        2. Hery

          Hehehe kode /pencet 801 tidak ada Pak ryan,, tidak usah cek pulsa pak karena yg tampil di meter merupakan sisa pulsa/kredit, dan untuk jawaban pak arief rahman memang benar pak kode tersebut tidak ada,, hehe

  11. mahrim

    mohon masukan, yang terjadi di kami sebelum masukkan token pulsa listrik nyala dengan normal, tapi saat pulsa akan habis trus dimasukkan token listrik(masuk normal n nyala) tapi sesaat kemudian tertulis periksa di kwh meter ( merk hexing), dan aliran listrik dirumah padam(mati), mohon solusinya, trims banyak

    1. Saya juga cukup sering mengalami setelah meteran diisi token kemudian menampilkan gambar tangan (simbol “periksa”), tapi kalau sampai aliran listriknya jadi padam sepertinya tidak pernah mengalami. Coba tanyakan hal ini ke petugas PLN, kemungkinan ada masalah di meterannya.

  12. Malam mas, mau tanya. Kalo pengen tau daya maksimal / kapasitas penggunaan listrik gimana ya?

    1. Artikel tentang cara mengetahui daya maksimal / kapasitas penggunaan listrik ataupun fungsi lainnya nanti akan saya tulis menyusul. Sabar ya…

    2. Hery

      Tekan 07 enter pak.. Jika 09 enter merupakan total penggunaan daya sedangkan 07 enter merupakan total batas maksimal daya yg boleh digunakan.
      Terima kasih

      1. Rizqi

        Pak Hery, jika ingin memeriksa ID Pelanggan atau nomor meteran bagaimana?

    3. Hery

      Pak irsan, kalau ingin mengetahui batas maksimal nya kalikan saja beban pada rumah kali 1,7.. Misal beban( 1300 watt x 1,7= batas maksimal penggunaan beban) sudah diatur oleh petugas pln menggunakan power limit saat pemasangan. Bisa dicek di 07 enter,
      Terima kasih

  13. hasan albana

    maaf sebelumnya, saya mau berdiskusi sedikit tentang permasalahan meteran hexing untuk tipe 166-kp v 2.0, untuk permasalahan timbul periksa dan tanda telapak tangan.
    intinya setelah instalasi di perbaiki dan periksa hilang. setiap 2 menit sekali periksanya timbul kembali, padahal telapak tangan sudah tidak ada lagi karena instalasi sudah di perbaiki.
    dan saya sudah melapor lebih dari 8x untuk masalah periksa ini. jadi setiap mau isi pulsa pasti harus melapor ke pln. karena kalau ada tulisan periksa kita tidak bisa masukan pulsa ke meteran. ini hampir 80% pengguna hexing di daerah saya mengalami hal yang serupa. pas di cek di meteran oleh petugas pln gangguan periksanya sudah lebih dari 100x malah ada yang sampai 1000, pdahal baru melapor beberapa kali periksa. dan infonya relay yang di pakai relay bekas. intinya kan kalau meteran baru pasti tertulis cuman satu x, ini kog sampai beratus kali.
    apakah hexing pembuatan tahun sekarang ada masalah?

    1. Kalau masalah kWh meter Hexing pembuatan tahun sekarang ada masalah atau tidak, jujur saya tidak tahu karena bukan ahlinya.

      Meteran Hexing HXE116-KP yang saya pakai ini memang sering juga muncul simbol telapak tangan seperti yang anda alami. Tetapi kalau mau mengisi token/pulsa listrik sih punya saya ini tidak ada masalah apa-apa. Pengisian token lancar-lancar saja meskipun muncul gambar telapak tangan (simbol “periksa”), dan token bisa dimasukkan secara normal.

      Dari petugas PLN yang memeriksa, apakah sudah pernah ada penjelasan tentang masalah ini? Saya rasa sih seharusnya mereka lebih mengerti tentang permasalahan teknis seperti ini, dan kita sebagai pelanggan PLN berhak meminta informasi dan solusinya. Apalagi kalau ada informasi bahwa relay yang dipakai adalah relay bekas. Karena kan meteran listrik ini milik PLN dan hanya “dipinjamkan” kepada kita (pelanggan), jadi tentu saja munculnya masalah ini adalah tanggung jawab mereka.

      1. johan yogaswara

        saat ini listrik saya mati tapi kwhnya nyala di karnakan mati lampu yang 1×24 jam saat lampu nyala kwh saya nyala tapi saluran listrik ke rumah mati mohon solusinya sekaligus minta kode nya

        1. Dari pengalaman saya memang kalau aliran listrik mati, kWh meter tetap menyala (meskipun di layar LCD ada simbol keterangan aliran listrik tidak tersambung). Kalau aliran listrik menyala kembali ya listrik di rumah juga langsung menyala.

          Kalau ada kejadian seperti itu mungkin ada masalah dengan instalasi listriknya. Sudah coba lapor ke PLN?

          1. Hery

            Iya,, benar,, walau tidak ada daya dari pln/padam.. Mater akan tetap menyala dan masih menampilkan kredit serta simbol, dikarenakan ada super capasitor yang dapat menyimpan energy sementara untuk komponen yang ada didalam meter selama 48 jam. Supercap in akan terisi terus selama ada daya dari pln/saat listrik nyala.

        2. Hery

          Kemungkinan relay pada meter masih dalam kondisi NO, bisa hubungi pihak PLN

  14. febrianto

    Saat teras rumah saya sedang direhab ulang. Posisi meteran menggantung karena tembok teras dibongkar total. Namun pada saat tembok rumah sudah jadi dan akan memasang tiang karena jarak tiang tersebut dgn meteran tidak terlalu jauh. Sekitar 5 centimeter. Tau2 meteran bertulisan periksa. Apakah getaran kuat menyebabkan meteran berubah tulisan menjadi periksa. Mohon pencerahannya dan bagaimana solusinya? Trims

    1. Bisa jadi seperti itu. Ada kemungkinan getaran kuat itu menyebabkan gangguan di instalasi listriknya, sehingga kWh meter mengeluarkan peringatan “Periksa” tersebut.

      1. Hery

        Maaf meter hexing sudah dilengkapi dengan proctection ip54 yang dapat meredam getaran/gempa, suhu panas, percikan air serta debu.. Namun tidak menampik apabila hubungan kabel phasa dan netral terputus/kendor yg disebabkan oleh getaran hebat bisa jadi iya,, terima kasih

  15. Rudy M

    Meteran kontrakan saya yg sudah tidak digunakan hampir 6 bulan, tertera angka -13.90 (minus) kenapa ya?

    1. Wah saya baru tahu tuh kalau saldo listrik nya bisa minus seperti itu. Bisa jadi mungkin karena sudah lama tidak diisi pulsa tapi pemakaian listrik terus berjalan, jadinya minus.

  16. Hery

    Iya memang benar.. Namun tidak semua tamper berindikasi kebocoran arus. Ada beberapa tamper jika ingin mengetahui dengan pasti arti tamper tersebut bisa dicek 08 lalu enter, akan muncul angka 01-08 dan tiap angka punya arti tersendiri, dan maaf ini hanya bisa diketahui oleh engineer internal. Saya tidak bisa menjawab semua keluhan anda anda secara umum, jika ingin mengetahui masalah tamper dan gangguan yang pernah anda alami namun masih bingung bisa ditanyakan secara privat ke email saya herykur19@gmail.com. Terima kasih.

  17. Bayz

    Ngapain bertele2, Yg Jelas Saya sudah Coba Semua Code ternyata Gak ada yg cocok,
    Intinya kita harus telfn 022123 Pln dan ikutin perintahnya tar loe suru matiin kwh dikasih kode mejet 20 angka rahasia, beres deh… pas tlfn loe kudu cerewed klo gak mau listrik lo mati.. be a smart

  18. dwi siswanto

    mo nnya om klo meteran da gmbar tlapak tangan tp msih bs d isi plsa pnybbnya apa ea mksh…

    1. Di artikel di atas pada bagian Indikator Lampu Meter di poin nomor 2 (Tamper) ada link-nya ke artikel tentang penjelasan masalah tersebut.

Beri Respons