Panduan Mengelola Acara Pernikahan Sendiri
- 1 / 4 -

Ketika hendak melaksanakan acara resepsi pernikahan seringkali keluarga mempelai bingung apa saja sih yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan sebuah resepsi pernikahan apalagi jika keluarga (biasanya pihak wanita) belum berpengalaman dan baru pertama kali mengadakan acara resepsi pernikahan. Mungkin untuk mempermudah bisa saja keluarga pengantin menyewa jasa Wedding Organizer profesional untuk mengelola acara resepsi tersebut, tapi tidak sedikit keluarga yang merasa lebih afdol kalau momen spesial ini dikelola sendiri oleh keluarga beserta sanak saudara.

Inilah yang terjadi pada saya beberapa tahun lalu ketika seorang kakak wanita menikah maka saya dan beberapa saudara mendapat tugas untuk mengelola acara pernikahan kakak saya mulai dari membentuk panitia, menyusun jadwal, membuat rincian pembiayaan, mempersiapkan peralatan, menyewa jasa dekorasi, rias pengantin dan catering hingga melakukan koordinasi pada saat acara berlangsung. Dan walaupun memang sangat menguras tenaga dan pikiran kami tapi semua terbayar dengan kepuasan karena  wedding organizer dadakan kami sukses dan seluruh prosesi berjalan dengan lancar. Nahh.. buat yang berencana akan melangsungkan pernikahan atau mungkin jika salah seorang anggota keluarga ada yang akan menikah dan kebetulan dapat tugas untuk mengelola acara pernikahannya berikut ini saya share contoh dokumen sederhana yang dapat dijadikan sebuah panduan SOP dalam mengorganize sebuah acara pernikahan. SEMOGA BERMANFAAT. (Ibn Khaled)

 

Bag.1

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan seizin Allah SWT, pada tanggal 26 Agustus 2008 akan di selenggarakan pernikahan putra-putri kami Nama Mempelai Wanita dengan Nama Mempelai Pria. Prosesi Akad Nikah dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2008 di Mesjid Agung Bogor Jalan Jend A. Yani No. 01 Bogor dan dilanjutkan dengan Resepsi Pernikahan Di Aula Mesjid Agung Bogor.

Mengingat rangkaian kegiatan semenjak persiapan sampai dengan pelaksanaannya akan menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran yang tidak mungkin dilakukan sendiri oleh keluarga, maka dibentuklah panitia pernikahan dan untuk memudahkan kerja panitia tersebut, maka dibuat sebuah panduan pernikahan sebagai acuan dalam mengelola acara pernikahan tersebut.

Agar setiap tahapan kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar, kebersamaan dan partisipasi aktif setiap anggota panitia sangatlah diharapkan. Selain itu sangat diharapkan adanya kerjasama dan saling pengertian diantara keluarga dan panitia.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk serta melimpahkan Rahmat dan Karunianya kepada kita semua agar pernikahan anak kami dapat terselenggara dengan tertib, lancar dan sukses, amien.

Akhirnya atas kerjasama segenap anggota panitia untuk suksesnya acara tersebut kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Bogor, 10 Juli 2008

Ketua Umum

 

( Nama )

 

Bag. 2

SUSUNAN PANITIA ACARA PERNIKAHAN


  • Penasehat : Nama
  • Ketua Umum : Nama
  • Ketua Pelaksana : Nama
  • Sekretaris : Nama
  • Bendahara : Nama

 

Seksi – Seksi

1. Konsumsi

  • Koordinator : Nama
  • Anggota : Nama
  • Kebersihan/Cuci Piring : Nama

2. Dekorasi dan Dokumentasi

  • Pengawas Dekorasi : Nama
  • Pelaksana Dekorasi : Nama & Team
  • Pelaksana Dokumentasi : Studio Foto

3. Transportasi dan Akomodasi

  • Koordinator : Nama
  • Anggota : Nama

4. Keamanan dan Perlengkapan

  • Koordinator : Nama
  • Anggota : Nama

5. Seksi Acara

  • Pengajian

Penanggung Jawab : Nama

Anggota : Nama & Rekan

Saritilawah : Nama

  • Siraman

Penanggung Jawab : Nama

Pelaksana : Nama & Team

  • Akad Nikah

Penanggung Jawab : Nama

Pelaksana  :  KUA Kec. Caringin – Bogor

  • Resepsi Pernikahan

a.  Among Tamu : Nama

b.  Penerima Tamu : Nama

c.  Pagar Ayu : Nama

d.  Pagar Bagus : Nama

e.  Undangan  : Nama

f.  Pembantu Umum

Koordinator : Nama

Anggota : Nama


Respons

Ada 26 respons untuk “Panduan Mengelola Acara Pernikahan Sendiri”.

  1. Hudiyono

    Sedikit menambahkan perihal susunan kepanitaan acara pernikahan :
    1. Susunan kepanitian tersebut diatas sudahlengkap dan
    meupakan satu kesatuan yang utuh.
    2. Susunan kepanitian alangkah lebih bagus yang punya
    hubungan keluarga.keuntungannya akan lebih memupuk
    tali siraturahim dengan sesama keluarga.
    3. Khusus untuk hari yang telah ditentukan diupayakan
    satu atau dua hari sebelum hari H. adakan gladi
    bersih. Hal ini penting agar setiap seksi dapat
    berperan dengan maksimal.

    Salam….

  2. anto hardianto

    sekedar saran, alangkah lebih baik apabila kita memilih vendor yang kita telah ketahui/kenal seperti keluarga/teman atau referensi dari yg telah melaksanakan, untuk menjaga kemungkinan terburuk yang tdk terduga, dan biasanya bs lebih nyaman dalam menentukan segala sesuatunya. dengan catatan sudah ok track recordnya…

  3. Abu Izzy

    Terima kasih buat masukan-masukannya, sangat bermanfaat. Dan mudah-mudahan pembaca yang lain bisa berbagi hal-hal lain yang dapat membantu memperkaya materi dalam artikel ini.

  4. Kang Kabayan mach dah nikah nich… He..he…

  5. milcha

    susunana acarax bagus tapi kok susunan pas hari hx gak ada,aku pengen ngeliat gmana pandu acara pemotongan kue pengantinx…

    1. Abu Izzy

      buat milcha, mohon maaf kalo panduannya masih dirasa kurang. panduan ini dibuat berdasar pengalaman pribadi dan karena acara pernikahan dilaksanakan dengan tatacara Islam dan dengan acara yang sederhana jadi panduan acara pada hari H hanya dibuat sampai akad nikah, setelah itu acara resepsi dipandu oleh pemandu acara(MC). btw thanks udah berkunjung mudah2an bisa bermanfaat.

  6. Dedi Rusfendi

    Bagus, n simpel juga sangan membantu bagi penyelenggara pernikahan yang pemula, Makasih

    1. Abu Izzy

      sama-sama, makasih sdh berkunjung

  7. yani

    Bagus sekali panduannya, bagi yang baru menyelenggarakan acara pernikahan panduan ini sangat membantu.

    1. Abu Izzy

      thanks.. semoga bermanfaat, sering2 mampir ya.. 🙂

  8. gatut

    matur suwun…..panduan ini benar” sangat membantu kami……terimakasih……

    1. Abu Izzy
  9. Mosseisley

    Insya Allah bermanfaat, terimakasih

  10. pak sri

    Bagus banget , dan berguna bagi orang banyak, apa lagi yg baru pertama kali mengadakan acara ini,

    Semoga Allah memberi pahala kepada penulis ini

  11. Arief

    Pengalaman anda bagus sekali untuk para orangtua /calon pemangku hajat yang mau dilaksanakan sendiri dan perlu kami tambahkan di dalam pelaksanaan acara, peran dari penata laku/atau MC yg pengalaman yg dapat membuat suasana acara lebih sakral di acara pengajian / akad nikah dan meriah / hidup di acara resepsi tx

  12. thanks alot buat infonya, big thanks

  13. Yuni

    tertata apik dan runtut. maturnuwun

  14. Arif Setiawan

    Pertama, terima kasih sudah menyumbang ilmu yang sangat bermanfaat. Kedua, susunan sudah sistematis dan jelas. Ketiga, HEBATT!!! He …

  15. bismillah. terima kasih atas artikelnya.

  16. dian

    Trims Artikelnya bagus n sangat membantu..Jgn berhenti membuat artikelnya ya..

  17. Idan

    Mantabbbsss…..ini sangat membantu saya….terima kasih bos…

  18. Uji

    Makasih…
    Sangat membantu sekali…

  19. inna

    keren… sangat membantu. terima kasih

  20. winetseven
  21. may

    Wahhh….sy sampe biingung mau berkata apa. Tp yg jelas Terimakasih banyak telah buat artikel ini.ini sangat sangat membantu sekali…trimakasih terimakasih..:)

  22. angwari tegal jateng

    Wah sy baru mencoba lihat kesini ,ternyata masih ada rekan yg suka berbagi ilmu ntuk acara ini,baik sekali itu. Padahal acara ini sudah banyak di gunakan di masyarakat tapi banyak yg kurang pas buat sy. Trimaks buat semua yg suka berbaik ini.

Beri Respons