Panduan Menyelesaikan Rubik’s Cube – Part 2 (Tamat) –
- 1 / 3 -

Rubik's CubeHmmm.. akhirnya….

Pasti udah pada nungguin ya pengen tahu gimana caranya ngeberesin rubik buat layer 2 dan layer 3. Tapi… ngomong2 tips buat solving layer 1 udah lancar blom? Terutama cara bikin crossnya, soalnya itu langkah yang paling penting dan harus betul2 dipahami untuk bisa melanjutkan ke layer 2 dan 3. Oke, anggap aja semuanya udah bisa, so.. sekarang nyokk kita bahas cara beresin layer 2 dan 3.

III. Menyelesaikan Layer Kedua

Layer kedua hanya memiliki empat sisi yang harus diselesaikan. Titik pusat tidak berubah, jadi semua titik pusat secara otomatis sudah terselesaikan. Yang harus dilakukan pertama kali adalah menemukan edge yang harus diselesaikan; kita bisa pilih edge mana saja yang tersisa yang tidak memiliki warna kuning pada salah satu bagian sisinya (karena pada layer 1 yg sudah selesai terlihat bahwa bagian muka dari rubik adalah yang berwarna merah, hijau, oranye dan biru. Sedangkan warna putih ada di bawah dan kuning diatas). Sebagai contoh kita coba selesaikan rubik dengan warna biru di depan, merah di sebelah kanannya dan tentu saja oranye di sebelah kiri (lihat lagi penjelasan tentang warna rubik dan sisi yang berlawanannya di artikel part-1)

– Jika edge ada di layer terakhir

1. Tentukan dimana edge harus ditempatkan dengan memeriksa warna rubik di samping kanan dan kiri. (Lihat tanda X di gambar)

2. Tempatkan edge yang mempunyai sisi warna yang sama dengan center di depan sehingga membentuk huruf T yang terbalik dengan menggunakan langkah U atau U’ atau U2.

3. Lakukan satu dari beberapa algoritma berikut :

Contoh Kasus

Algoritma

cube-13

(R U’ R’) (U’ F’ U F)

cube-14

U’ (L’ U L) (U F U’ F’)

 

12 Respons