Pembayaran Tagihan PDAM Tirta Raharja di Indomaret

Selama ini, saya lebih suka melakukan pembayaran tagihan seperti listrik atau telepon melalui fasilitas internet banking. Hampir semua layanan pembayaran atau pembelian yang bisa dilakukan via bank selalu saya lakukan melalui internet banking, seperti pembayaran rekening telepon & internet, listrik, pembelian barang (layanan ecommerce), Pajak Bumi dan Bangunan, serta pembelian pulsa handphone, pulsa listrik, dll. Alasannya terutama karena praktis, hemat waktu dan hemat biaya transportasi. Tinggal klak-klik saja di depan komputer atau smartphone, transaksi sudah bisa diproses kapan saja dan di mana saja. 🙂

Sayangnya, layanan internet banking dari bank BCA yang saya gunakan belum mendukung untuk pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja yang terdapat di wilayah saya (Kota Cimahi dan sekitarnya). Pada menu pembayaran Air/PAM, baru terdapat pembayaran untuk 2 PDAM di wilayah Jakarta saja, yaitu PAM Lyonnaise Jaya dan Aetra Air Jakarta. Dengan demikian, terpaksa pembayaran tagihan layanan yang satu ini harus saya lakukan di kantor PDAM yang bersangkutan. 😥

Pembayaran PAM pada KlikBCA

Pilihan pembayaran air PAM pada menu KlikBCA.

Sebenarnya, bisa saja pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja ini saya lakukan di loket-loket pihak ketiga ataupun Kantor Pos yang letaknya lebih dekat dengan rumah. Tetapi tetap saja tidak sepraktis dan sehemat pembayaran melalui internet banking, karena tetap saja kita harus pergi ke lokasi loket tersebut untuk melakukan pembayaran.

Beberapa waktu lalu ketika saya sedang berbelanja di Indomaret dekat rumah, secara tidak sengaja saya membaca keterangan pada brosur di kasir tentang layanan pembayaran rekening Air PAM/PDAM di Indomaret. Tetapi setelah saya baca selengkapnya, ternyata untuk PDAM Tirta Raharja tidak tertera pada keterangan tersebut. Wah sayang sekali, padahal saya sudah senang kalau misalnya bisa membayar tagihan PDAM di Indomaret yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari rumah saya tersebut. Tapi setelah saya tanyakan ke mbak-mbak kasirnya, ternyata di Indomaret bisa juga menerima pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja, hanya saja tidak tercantum di keterangan brosur tadi.

Meteran PDAM Tirta Raharja

Meteran PDAM Tirta Raharja

Saat itu juga saya langsung menuju rumah untuk mencatat nomor pelanggan PDAM rumah saya beserta pemilik rekeningnya (nama yang tercantum di rekening masih nama pemilik rumah terdahulu). Kemudian saya kembali menuju ke Indomaret tadi untuk melakukan pembayaran dengan kartu ATM/Debit BCA sekalian melakukan tarik tunai, tidak sampai 5 menit pembayaran rekening PDAM saya pun sudah selesai. Sekedar catatan, pembayaran PDAM Tirta Raharja di Indomaret dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500. 

Nah, bagi yang belum pernah dan ingin mencoba melakukan pembayaran tagihan rekening PDAM Tirta Raharja (atau bisa juga PDAM kota lainnya) di jaringan Indomaret, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan nomor pelanggan dan nama pemegang rekening PDAM.
    Hal ini bisa dengan mencatatnya ataupun dengan langsung membawa print out Bukti Pembayaran sebelumnya. Kalau saya lebih memilih mencatatnya pada aplikasi penyimpan catatan (memo) di smartphone saya, karena alasan kepraktisan.

    Bukti Pembayaran PDAM Tirta Raharja

    Print-out bukti pembayaran PDAM Tirta Raharja. Beban tetap (abodemen) PDAM sebesar Rp 15.000 dan biaya pemakaian sebesar Rp 3.700.

  2. Bilang pada kasir bahwa anda ingin membayar tagihan PDAM dan berikan print out Bukti Pembayaran sebelumnya atau bisa juga dengan menyebutkan nomor pelanggan rekening PDAM yang akan dibayar.
    Jika di kota atau daerah anda terdapat lebih dari satu jenis PDAM, beritahukan nama perusahaan PDAM tersebut (misalnya PDAM Tirta Raharja) pada kasir. Selanjutnya, kasir akan mengecek nomor pelanggan rekening PDAM anda dan biasanya akan menkonfirmasi kepada anda nama yang tercantum pada rekening PDAM tersebut. Tapi jika anda memberikan print out Bukti Pembayaran sebelumnya, kasir tidak perlu lagi menkonfirmasinya karena sudah tercantum pada Bukti Pembayaran tersebut. Selanjutnya, kasir akan memberitahukan jumlah tagihan yang harus dibayar.

    Kasir Indomaret

    Kasir Indomaret

  3.  Bayar tagihan PDAM sesuai dengan yang diinformasikan oleh kasir.
    Kasir akan memberitahukan jumlah tagihan PDAM yang harus dibayar ditambah biaya admin sebesar Rp 2.500. Saya pribadi sebelum melakukan pembayaran selalu mengecek besaran tagihan PDAM di website resmi PDAM yang bersangkutan, sehingga saya tahu perkiraan besar tagihan yang harus dibayar. Untuk PDAM Tirta Raharja, jumlah tagihan ini bisa diakses pada halaman Info Tagihan dengan memasukkan nomor pelanggan PDAM anda. Total biaya tagihan yang dihitung terdiri dari Beban Tetap (abodemen) sebesar Rp 15.000 dan Uang Air (biaya pemakaian air).

    Halaman Website Informasi Tagihan PDAM Tirta Raharja

    Halaman Info Tagihan pada situs web resmi PDAM Tirta Raharja

  4. Terima struk pembayaran tagihan PDAM anda dari Indomaret sebagai tanda bukti pembayaran PDAM.
    Anda akan menerima slip pembayaran PDAM yang dicetak pada struk pembelanjaan Indomaret. Jika anda melakukan pembayaran PDAM sekaligus berbelanja, slip pembayaran ini akan bersatu dengan detail pembelanjaan yang anda lakukan. Struk ini merupakan tanda bukti pembayaran yang sah, jadi harap disimpan untuk berjaga-jaga jika diperlukan ke depannya.

    Struk Pembayaran PDAM Tirta Raharja di Indomaret

    Struk belanja dan pembayaran PDAM Tirta Raharja di Indomaret dengan Kartu Paspor BCA.

Struk BCA Pembayaran PDAM Tirta Raharja di Indomaret

Struk BCA untuk pembelanjaan + pembayaran PDAM Tirta Raharja dan cashback di Indomaret dengan kartu Debit BCA.

Nah, itu dia cara mudah melakukan pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja di Indomaret. Gampang, kan? 🙂 Dan jangan sampai terlambat untuk melakukan pembayaran PDAM ini paling lambat tanggal 15 setiap bulannya, karena kalau lewat dari tanggal 15 akan dikenakan denda sebesar Rp 15.000. Untuk yang punya pengalaman atau tips lainnya, boleh di-share di kolom respons di bawah.

 


Respons

Ada 2 respons untuk “Pembayaran Tagihan PDAM Tirta Raharja di Indomaret”.

  1. OnlineCara

    sekarang lebih mudah ya
    bisa bayar pdam di minimarket
    terima kasih infonya

  2. Joss banget haaa sekarang ini sudah sangat mudah tnks om info nya

Beri Respons