Pembelian Pulsa PLN Prabayar Melalui KlikBCA

Baru sekitar 2 bulan terakhir ini saya merasakan pengalaman dengan listrik prabayar. Bukan karena rekening listriknya sengaja dimigrasikan, tapi memang saya pindah tempat tinggal ke rumah yang memang sudah menggunakan meteran listrik prabayar. 😀 Saya penasaran ingin mencoba isi ulang pulsa listrik ini, tapi belum sempat karena pulsanya masih agak banyak (‘warisan’ pemilik rumah sebelumnya 😀 ) dan saya lebih baik menunggu sampai pulsa listriknya tersisa sedikit.

Setelah pulsa listrik prabayar ‘warisan’ tadi sudah hampir habis, akhirnya saya coba untuk melakukan pembelian pulsa PLN prabayar untuk pertama kalinya melalui KlikBCA. Caranya ternyata gampang (ya iyalaaah.. tinggal klak-klik doang 😛 ), untuk yang belum tahu bisa menyimak kronologisnya di bawah ini.

Langkah-langkah melakukan pembelian pulsa PLN prabayar melalui KlikBCA:

  1. Buka halaman situs KlikBCA, yaitu https://ibank.klikbca.com/

    Tampilan awal situs KlikBCA

    Masuk ke https://ibank.klikbca.com/

  2. Login seperti biasanya dengan memasukkan USER ID dan PIN Internet Banking anda pada kotak yang sudah disediakan.

    Tampilan login situs KlikBCA

    Login KlikBCA.

  3. Setelah masuk, pilih menu Pembelian.

    KlikBCA - pilih menu Pembelian

    Pilih menu Pembelian.

  4. Kemudian pilih menu Lainnya.

    KlikBCA - pilih menu Lainnya

    Pilih menu Lainnya.

  5. Akan muncul tampilan halaman pemilihan Pembelian – Lainnya.

    KlikBCA - halaman Pembelian Lainnya

    Halaman Pembelian Lainnya.

  6. Pada kotak pilihan dropdown, pilih PLN PRABAYAR.
    Di bawah menu ini juga terdapat menu PLN PRABAYAR MANUAL ADVICE, tapi saya belum pernah coba jadi belum tahu perbedaan penggunaannya.

    KlikBCA - pilih menu PLN PRABAYAR

    Pilih menu PLN PRABAYAR.

  7. Pada kotak NO METER/IDPEL, masukkan nomor meter listrik atau ID pelanggan anda.

    KlikBCA - Menu PLN PRABAYAR

    Halaman pembelian PLN PRABAYAR

  8. Seperti biasa, akan muncul 8 angka untuk di-input pada KeyBCA.

    KlikBCA - masukkan ID Pelanggan PLN atau nomor meter

    Masukkan ID Pelanggan PLN atau nomor meter.

  9. Setelah 8 angka ini dimasukkan pada KeyBCA (pada pilihan APPLI 2), maka selanjutnya KeyBCA akan menampilkan kombinasi angka lainnya sebagai respons. Masukkan angka respons ini ke dalam kotak RESPON KEYBCA APPLI 2, kemudian klik tombol Lanjutkan.

    KlikBCA - Masukkan kode respon KeyBCA Appli 2

    Masukkan kode respon KeyBCA Appli 2.

  10. Muncul tampilan halaman data rekening listrik anda (nama pemegang rekening listrik disensor) dan pilihan nominal pembelian pulsa PLN prabayar.

    KlikBCA - Halaman Informasi Pembelian PLN Prabayar

    Halaman Informasi Pembelian PLN Prabayar.

  11. Pilih nominal pulsa listrik yang akan dibeli.
    Nominal pulsa PLN yang tersedia yaitu:
    – 20.000
    – 50.000
    – 100.000
    – 200.000
    – 500.000
    – 1.000.000
    – 5.000.000
    – 10.000.000
    – 50.000.000

    KlikBCA - Pilih nominal token listrik PLN Prabayar

    Pilih nominal listrik PLN Prabayar yang akan dibeli.

  12. Setelah memilih nominal yang diinginkan, klik tombol Kirim.

    KlikBCA - Nominal Token LIstrik PLN Prabayar dipilih

    Nominal Token LIstrik PLN Prabayar.

  13. Kemudian akan muncul halaman Informasi Pembelian PLN Prabayar, yang berisi data pelanggan (nama pemegang rekening listrik disensor juga) beserta detail pembelian pulsa PLN (nominal pulsa PLN prabayar yang dibeli, biaya admin dan total rupiah yang akan dibayarkan). Biaya admin bank BCA untuk pembelian listrik prabayar ini sebesar Rp 2.500. Misalnya jika melakukan pembelian pulsa token listrik nominal 50.000 seperti pada contoh, maka total yang harus dibayar adalah sebesar Rp 52.500.

    KlikBCA - Halaman Informasi Pembelian PLN Prabayar - respon KeyBCA Appli 1

    Halaman Informasi Pembelian PLN Prabayar

  14. Pada kotak RESPON KEYBCA APPLI 1, masukkan kombinasi angka yang dihasilkan oleh KeyBCA anda (pada pilihan APPLI 1) kemudian klik tombol Kirim.

    KlikBCA - Informasi Pembelian Token LIstrik PLN Prabayar - masukkan kode respon KeyBCA Appli 1

    Masukkan kode respon KeyBCA Appli 1.

  15. Jika transaksi pembelian berhasil maka halaman akan menampilkan keterangan bahwa transaksi telah selesai diproses. Pada bagian bawahnya ditampilkan juga Struk Pembelian Listrik Prabayar yang berisi detail pembelian beserta data pelanggan PLN (yang kali ini tidak disensor, tapi sama saya di-blur 😀 ).

    KlikBCA - Transaksi pembelian pulsa listrik PLN prabayar selesai

    Transaksi pembelian pulsa listrik PLN prabayar selesai.

  16. Kode token pulsa listrik yang telah dibeli, berada di bagian akhir struk ini. Jadi kita harus men-scroll sampai ke bagian akhir halaman struk ini untuk melihat kode tokennya. Banyak orang yang mengira pembelian token listriknya gagal karena kode token tidak muncul setelah pembelian listrik prabayar melalui KlikBCA ini. Padahal bukannya kode token tersebut tidak ada atau tidak muncul, tapi kode token ini “terkubur” di bagian bawah struk sehingga kita harus menggeser (scroll) halaman struk ini sampai bagian bawah untuk dapat melihat kodenya. Memang hal ini adalah salah satu kekurangan dari desain tata letak website KlikBCA yang cukup krusial.

    KlikBCA - Kode token pulsa listrik PLN prabayar

    Kode token pulsa listrik PLN prabayar yang telah dibeli.

  17. Setelah terlihat, catat kode token ini untuk diisikan pada meteran listrik prabayar anda.
    Kalau belum tahu cara mengisi pulsa listrik token, ikuti langkah-langkahnya pada artikel Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar PLN.

Catatan tambahan:

  • Total nominal yang dibayarkan adalah sebesar nominal pembelian pulsa token (20.000, 50.000, 100.000, dst..) ditambah biaya admin bank. Pada saat artikel ini ditulis, biaya admin bank untuk transaksi pembelian token listrik melalui KlikBCA ini adalah sebesar Rp 2.500. Besaran biaya admin ini mungkin bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan bank itu sendiri.
  • Kode token ini bisa langsung kita isikan ke meteran listrik kita atau bisa juga kita simpan untuk dimasukkan kapan saja (kode token listrik prabayar ini tidak ada batas kadaluarsa).
  • Jika kode token ini lupa belum dicatat atau hilang, kita bisa melihatnya kembali di website KlikBCA pada menu Histori Transaksi kemudian pilih tanggal transaksi (maksimal 31 hari yang lalu) dan pada pilihan Jenis Transaksi-nya pilih Pembelian.
    Jika transaksi sudah lebih dari 31 hari yang lalu, bisa dengan langsung mengakses riwayat pembelian token secara online di website http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html atau bisa juga dengan cara menghubungi kantor PLN dengan menyebutkan ID Meter pelanggan.
  • Kode token yang sudah dibeli untuk nomor meter tertentu tidak bisa digunakan untuk meteran dengan nomor ID meter yang berbeda.

Nah, itu dia cara beli pulsa listrik (token) PLN prabayar di KlikBCA. Gampang kan? 😉


Respons

Ada 1 respons untuk “Pembelian Pulsa PLN Prabayar Melalui KlikBCA”.

  1. Walidin

    Semakin lengkap aja ya kerja sama BCA bisa bayar pulsa listrik segala. Boleh juga neh mas saya cobain besok kalau pulsa udah mau habis. Kayanya membantu banget dan efisien bayar listrik pakai internet banking BCA

Beri Respons