Proses Cara Membuat Rekening Bank BCA

Bagi masyarakat yang ingin menjadi salah satu nasabah bank BCA agar dapat menikmati pelayanan jasa dan fasilitas dari bank tersebut maka kita harus memiliki/membuka rekening bank BCA. Rekening bank yang akan kita buat tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan atau kepentingan kita sebagai nasabah bank tersebut karena bank memiliki berbagai produk tabungan (jenis rekening) yang disediakan untuk masyarakat. Ketika kita sudah memiliki rekening tentunya tinggal minta saja ke petugas bank tersebut agar membantu kita mendapatkan berbagai fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh bank tersebut. Fasilitas-fasilitas yang bisa kita nikmati antara lain sebut saja kartu ATM, memiliki kartu kredit, mengaktifkan internet banking maupun mobile banking, dan lain-lain tentunya tergantung dari jenis produk yang kita ambil dalam pembuatan rekening ini.

Proses untuk memiliki atau membuka rekening bank baru tidaklah sulit, ini berlaku secara umum untuk semua jenis bank baik bank pemerintah maupun bank swasta. Pada umumnya proses itu memiliki pola yang sama di setiap bank, yang penting kita mengikuti setiap proses yang telah ditetapkan pihak bank termasuk salah satunya di bank BCA. Berikut ini akan saya paparkan informasi yang menggambarkan agar memudahkan masyarakat/calon nasabah bank dalam membuat rekening bank BCA.

Buku Tabungan Tahapan BCA

Buku Tabungan BCA

Langkah-langkah proses pembuatan rekening bank BCA :

  1. Bagi kita yang akan memiliki/membuka rekening BCA dan telah membawa hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membuka/memiliki rekening baru bank BCA, maka selanjutnya kita segera datang ke kantor cabang maupun outlet bank BCA terdekat yang ada di kota atau daerah domisili masing-masing. Jangan lupa ikuti jadwal hari dan jam operasional bank.
  2. Setelah masuk ke ruangan kantor bank BCA tersebut maka biasanya kita harus mengambil kartu tanda nomor antrian sesuai dengan kepentingan (kebutuhan) kita mendatangi kantor bank BCA tersebut. Namun agar meminimalisir kesalahan prosedur di bank untuk membuka rekening bank BCA, sebaiknya kita datangi petugas bank tersebut baik petugas operasional bank BCA ataupun satpam (security) bank BCA yang bertugas di kantor tersebut. Kemudian langsung saja utarakan bahwa kita ingin membuka rekening bank BCA, mereka pun akan meminta kita menunjukan KTP dan kemudian memberikan petunjuk yang mengarahkan kita cara untuk mengikuti proses pembuatan rekening bank BCA. Bertanya pada petugas bank baik karyawan maupun satpam (security) bank biasa dilakukan karena kemungkinan terdapat pembagian ruangan pelayanan di bank tersebut ataupun ada formulir yang harus diisi yang diletakan di tempat tertentu. Umumnya, bagi yang ingin memiliki/membuka rekening bank pasti kita akan diarahkan mengambil nomor antrian ke bagian Costumer Service (Pelayanan Konsumen).
  3. Ketika sudah mengambil nomor antrian, kita yang akan melakukan pembuatan rekening bank BCA diwajibkan untuk mengisi formulir (form pendaftaran) lengkap dengan lampiran yang berisi ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak bank. Formulir yang sudah diisi lengkap ini kemudian harus ditanda tangani sambil menunggu mendapat giliran pelayanan sesuai nomor antrian. Tentunya dalam mengisi form tersebut kita tidak perlu repot membawa atau mempersiapkan alat tulis seperti pulpen karena pihak bank sudah menyediakannya untuk yang memerlukan untuk tulis menulis (asalkan tertib dalam memakainya dan tidak di bawa pulang 😀 ). Begitupun untuk alas menulis biasanya pihak bank sudah menyediakan tempat khusus untuk tempat tulis menulis atau alas untuk menulis (contohnya papan dada).
  4. Saat sudah mendapat giliran pelayanan sesuai nomor antrian (ditandai dengan nomor antrian yang ditampilkan ataupun dipanggil nomor antrian tersebut oleh petugas), kita dapat menuju bagian Costumer Service yang disediakan dan langsung bilang saja bahwa kita ingin memiliki/membuka rekening. Disana kita akan dipersilahkan duduk dan diminta untuk memberikan formulir pendaftaran yang sudah diisi sebelumnya beserta kartu kependudukan atau surat domisili atau dokumen lain yang diperlukan. Kemudian kita akan dikonfirmasi ulang oleh petugas tersebut dengan menanyakan kepada kita mengenai data diri sesuai yang kita isi di formulir dan kartu kependudukan yang diberikan. Biasanya petugas akan mengkonfirmasi ulang data diri kita seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, informasi keluarga, pendidikan terakhir, pekerjaan, penghasilan, alasan membuat rekening, dan lainnya sampai pada hubungan dengan dokumen yang berkaitan dengan luar negeri (tidak perlu khawatir, kita hanya tinggal menjawabnya saja dengan jujur apa adanya dan sesuai dengan keadaan diri).
  5. Proses selanjutnya setelah konfirmasi tersebut maka kita akan diberikan penjelasan singkat mengenai produk perbankan/jenis rekening yang disediakan bank (itupun jika petugas tersebut menyetujui dan melanjutkan proses pembuatan rekening bank BCA karena ada kalanya pada kondisi tertentu pengajuan tersebut tidak dapat dilanjutkan petugas mengingat ketentuan yang bank tetapkan). Kemudian kita memutuskan dan menyetujui produk/jenis rekening yang akan kita ambil beserta semua ketentuannya termasuk jumlah uang sebagai setoran awal yang kita berikan kepada pihak bank. Jika sudah selesai pada proses itu, kita akan diminta menunggu beberapa saat (hanya sekitar 5 menit) kemudian datanglah beberapa dokumen yang harus kita tanda tangani termasuk formulir pengajuan, lampiran pengajuan, ketentuan nasabah bank, buku tabungan, dan kartu ATM yang akan digunakan.
  6. Jika semua dokumen persyaratan sudah ditandatangani, kita akan diminta untuk mempersiapkan password kartu ATM berupa 6 digit angka dengan beberapa ketentuan seperti tidak boleh angka berurutan, tanggal lahir, ataupun nomor telepon pribadi untuk menjaga keamanan password itu sendiri. Kemudian kartu itupun akan diregistrasi dan kita memasukan password rahasia ke dalam alat untuk mendaftaran kartu ATM tersebut. Setelah selesai, kita pun diminta mempersiapkan uang yang menjadi setoran awal dalam proses memiliki/membuka rekening bank BCA. Tidak lama kemudian maka kita akan mendapatkan buku rekening beserta ATM yang akan kita pergunakan, petugas itu memberikan penjelasan bahwa ketika kita sudah memasukan setoran awal dapat langsung bisa dilihat melalui saldo ATM. Namun untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dan beberapa fasilitas lainnya kita harus menunggu setidaknya 1 hari selanjutnya.
  7. Setelah itu kita pun diberikan petunjuk menuju ruangan teller khusus untuk menyerahkan uang setoran awal dan diproses menjadi rekening. Maka saat itulah kita telah memiliki/membuka rekening bank BCA.

Buku Tabungan Rekening Tahapan BCA dan Uang Setoran Awal

Nah begitulah cara memiliki/membuka rekening bank BCA, benar-benar tidak sulit sama sekali dan tidak memerlukan waktu lama untuk mendapatkannya (tergantung jumlah pengunjung untuk transaksi dengan bank dan jumlah yang harus kita tunggu). Pola proses pembuatan rekening bank seperti itu kurang lebih berlaku juga di bank lain, hal yang paling penting untuk berhubungan dengan pihak bank yaitu kita jangan malu dan jangan segan-segan untuk bertanya langsung dan meminta bantuan kepada pegawai/petugas bank yang bersangkutan (jangan sembarangan meminta bantuan kepada orang lain untuk menghindari tipu-tipu).

Selamat bagi yang sudah memiliki rekening. Silahkan menggunakannya dengan bijak pelayanan dan fasilitas dari bank tersebut, kawan 😉


Tautan Eksternal

Respons

Beri Respons