Rincian Biaya dan Alur Cara Pembayaran Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Berhubung waktu lalu ada yang bertanya mengenai rincian biaya pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), maka kali ini akan saya paparkan detailnya. Agar lebih jelas maka akan saya jelaskan juga alur cara pembayaran Surat Keterangan Bebas Narkoba ini langkah demi langkah. Mudah-mudahan bisa membantu siapa saja yang akan melakukan proses pemeriksaan narkoba ini agar tidak kebingungan menjalani tahapan-tahapannya.

Perlu diketahui, saya melakukan pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba ini di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat yang berlokasi di Kota Cimahi. Untuk biaya di RSUD wilayah lain mungkin saja bisa berbeda tergantung dari kebijakan rumah sakit tersebut.

Berikut ini langkah-langkah pembayaran dan rincian biaya pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba tersebut.

  1. Pendaftaran Rp 20.000 di loket pembayaran umum rumah sakit (boot kasir bank terintegrasi khusus rumah sakit).

    Selesai bayar pendaftaran, pergi menuju Poli Psikiatri (Kejiwaan) dengan membawa Kartu Pendaftaran dan Kwitansi bukti pembayaran pendaftaran.

    Kemudian melakukan registrasi pelayanan Poli Psikiatri dengan tujuan pemeriksaan bebas narkoba dan psikotropika, kemudian diberikan surat pengantar layanan dan invoice yang harus dibayarkan ke loket rumah sakit.
  1. Membayar biaya pelayanan Poli Psikiatri Rp 50.000 di loket pembayaran umum rumah sakit (boot kasir bank khusus rumah sakit terintegrasi).

    Setelah membayar biaya pelayanan Poli Psikiatri, lanjut ke bagian laboratorium rumah sakit dengan membawa surat pengantar dari Poli Psikiatri. Kedua bukti pembayaran tersebut diserahkan ke bagian registrasi dan pembayaran bagian laboratorium.
  1. Membayar biaya pemeriksaan lab Rp 375.000 di kasir khusus bagian laboratorium untuk mendapatkan surat pemeriksaan.

    Surat pemeriksaan ini akan diserahkan ke petugas pemeriksa lab dan menunggu panggilan giliran diperiksa.

    Kwitansi bukti pembayaran pendaftaran, pembayaran pelayanan poli psikiatri, pembayaran laboratorium, dan surat bukti pasien pemeriksaan lab diberikan kembali kepada kita sebagai pasien untuk diserahkan ke poli psikiatri setelah selesai pengambilan sample urine untuk pemeriksaan lab.

Dengan demikian, total biaya resmi pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Psikotropika di RSUD Cibabat, Kota Cimahi – Jawa Barat (update per bulan Oktober 2017) adalah sebesar:

Rp.  445.000,- (Empat Ratus Empat Puluh Lima Ribu Ribu Rupiah)

*Catatan: Untuk kepastian rincian biaya resmi terbaru yang lebih akurat mengenai pelayanan tersebut, silahkan langsung menghubungi Rumah Sakit yang bersangkutan.

Nah, bagaimana dengan anda apakah sudah pernah membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba? Kalau pernah, kena berapa biayanya? Jangan sungkan untuk berdiskusi di kotak Respons di bawah. 🙂


Respons

Ada 4 respons untuk “Rincian Biaya dan Alur Cara Pembayaran Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)”.

  1. Arie

    Kemahalan itu. Di tempat saya aja cuma 70rb. Sama2 RSUD juga.

    1. Anic

      rsud nya dimana ya mas, saya juga mau bikin soalnya

    2. dimana gan itu, kebetulan saya mau bikin juga ..
      mohon info

  2. Achmad Noviskan

    Wow kok mahal ya biaya nya

Beri Respons