Mengubah Setelan Waktu Tunda Alarm pada Meteran Listrik Prabayar

Dari artikel yang lalu, sudah tahu kan dengan cara mematikan sementara suara alarm meteran listrik prabayar? Alarm meteran listrik akan menyala jika sisa stroom (pulsa listrik) sudah mencapai batas tertentu. Nah, bunyi alarm tersebut akan mati sementara dan ditunda sekian lama waktunya sebelum nanti menyala kembali (jika belum segera diisi pulsa token-nya).

Ternyata, lamanya waktu tunda alarm tersebut bisa diatur sesuai keinginan kita. Artinya waktu jeda antara bunyi alarm pertama kali menyala dan bunyi alarm selanjutnya bisa kita tentukan jarak waktunya. Tentu saja dengan adanya pengaturan ini, setidaknya kita bisa memperkirakan setelan waktu yang pas agar suara alarm ini tidak terlalu sering menyala terus-menerus (jika jumlah sisa kWh sudah di bawah batas minimum).

Meteran listrik prabayar Hexing alarm

Cara mengubah setelan waktu tunda alarm pada meteran listrik prabayar PLN

Cara mengubah pengaturan waktu tunda (delay) alarm meteran listrik ini adalah dengan menekan kode 6 digit angka pada papan tombol di meteran. Kode angka tersebut adalah 123 dan disambung dengan 3 digit angka untuk waktu yang diinginkan (dalam satuan menit). Setelah itu tekan tombol Enter (↵).

Misalnya kita ingin menyetel waktu tunda alarm selama 6 jam (360 menit), maka kode angka yang harus ditekan adalah 123360. Angka 123 adalah kode perintahnya, dan 360 adalah waktu tunda yang diinginkan. Artinya, ketika alarm meteran listrik dimatikan (sementara) maka alarm tersebut hanya akan menyala kembali 360 menit (6 jam) ke depan. Kecuali jika kita tambahkan pulsa listriknya, maka alarm tidak akan berbunyi kembali.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123360

Tekan kode 123360 untuk menyetel waktu tunda alarm menjadi 360menit (6 jam).

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123360 tekan Enter

Tekan tombol “Enter” untuk mengeksekusi kode.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123360 telah aktif

Setelah setelan berhasil dieksekusi akan muncul angka 360.

Cara tersebut adalah untuk meteran listrik merek Hexing yang saya pakai. Tapi untuk meteran listrik merek lainnya (Fuji, Itron, Glomet, Smartmeter, Melcoinda, Actaris, Star, Sanxing, Conlog, Landis, Holley, dll) sepertinya caranya sama saja seperti di atas.

Bagaimana cara mengecek setelan waktu tunda yang sudah tersimpan di meteran listrik kita?

Cara mengetahui setelan waktu tunda alarm yang sudah tersimpan pada meteran kita adalah dengan menekan kode angka 78 pada papan tombol meteran kemudian tekan tombol Enter (↵). Pada layar LCD akan tampil 3 digit angka yang mewakili waktu tunda alarm dalam satuan menit.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 78

Tekan kode angka 78 pada meteran.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 78 tekan Enter

Kemudian tekan “Enter” dan akan muncul 3 digit angka setelan waktu tunda alarm.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 78 telah aktif

Muncul angka 480 (artinya 480 menit) sebagai setelan waktu tunda alarm meteran.

Berapa saja setelan waktu yang bisa digunakan untuk waktu tunda ini?

Sejauh yang saya coba, setelan waktu tunda terbesar yang bisa kita gunakan adalah 999 menit, yang bisa disetel dengan kode 123999. Dengan setelan ini, berarti alarm meteran listrik akan berbunyi kembali setelah jangka waktu 999 menit (16,65 jam) setelah alarm dimatikan (ditunda).

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123999

Masukkan kode angka 123999 pada meteran listrik, kemudian tekan “Enter”.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123999 telah aktif

Waktu tunda akan disetel pada 999 (menit).

Aturan untuk kode perintah ini haruslah 6 digit angka yaitu 123XXX. Jika kita coba memasukkan 7 digit kode misalnya 1231000 (untuk setelan 1.000 menit) maka kode tersebut tidak akan dijalankan dan tidak akan berpengaruh apa-apa.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 1231000

Coba masukkan kode angka 1231000.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 1231000 tekan enter tidak bereaksi apa-apa

Ditekan “Enter” maka kode perintah tidak akan dieksekusi dan tidak terjadi apa-apa.

Jika kode perintah ini kurang dari 6 digit pun (misalnya 12360), meteran tidak akan bisa melaksanakan kode perintah tersebut dan hanya akan mengeluarkan peringatan bertuliskan “Gagal”.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 12360

Masukkan kode 12360.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 12360 gagal

Setelah ditekan “Enter”, maka keluar tulisan status kode “gagal”.

Untuk setelan waktu tunda paling kecil yang bisa digunakan adalah 0 menit (dengan kode 123000). Saya memang belum pernah mencoba memasang waktu tunda ini ke 0 menit, tapi saya menduga untuk setelan 0 menit ini tidak akan memberikan delay (jeda) waktu tunda ketika alarm dimatikan (artinya alarm akan langsung menyala kembali). Tapi untuk memastikannya, nanti jika sempat akan saya coba pada meteran listrik saya.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123000

Masukkan kode 123000.

Meteran listrik prabayar Hexing - kode 123000 telah aktif

Setelan waktu tunda alarm menjadi 000 (menit).

Demikianlah salah satu kode rahasia yang saya coba untuk mengubah setelan waktu tunda alarm pada meteran listrik prabayar (kWh meter token). Jika mempunyai pengalaman atau informasi yang bisa ditambahkan tentang meteran listrik ini silakan berkomentar di kolom respons. 🙂

Respons

Ada 13 respons untuk “Mengubah Setelan Waktu Tunda Alarm pada Meteran Listrik Prabayar”.

  1. Ani Suhartini

    Makasih infonya, sangat berguna

  2. rani wulandari

    Token saya ko klo mau habis gada bunyi alarm nya ya. Kira2 biar bisa bunyi lagi gmna. Tolong infonya dong. Soalnya sering bgt mati tengah mlm

    1. Komponen alarm meterannya rusak mungkin?

      😀

      Kalau kasus seperti itu saya belum tahu, tapi nanti kalau saya ada informasi lebih jelas pasti akan saya tuliskan di sini.

  3. Novan

    Untuk kode lainnya ad gak .?

      1. aadeni

        Mantap bro… sangat bermanffat… makasih info nya

  4. aadeni

    Makasih infonya bro.. sangat membantu banget .. ilang bising titttit….

  5. Vian

    Bagus banget infonya sangat membantu…

  6. Thanks banget bro, setelah kepala saya sakit karena denger alarm punya tetangga nyala terus udah hampir 3 bulan, entah kemana kuping yg tinggal di rumah sebelah. Kini kupingku bisa istirahat maximal 999 menit lah ya

    1. Iya, sama-sama. Senang bisa membantu… 🙂

      Selamat menikmati ‘kedamaian hidup’ per 999 menit. 😀

  7. Gimana biar nyala lagi alarm nya mas? Soalnya sempet di mute, dan sekarang malahb jadi gaada warning, tau tau mati, maklum kosan sih 😂 need respon so much🙏

    1. Coba aja setting lagi waktu delay alarm-nya, misalnya pakai kode 123120 (untuk waktu jeda 120 menit atau 2 jam). Kemudian cek apakah alarm-nya menyala lagi…

    2. Oiya, untuk alarm yang suaranya di-mute atau dimatikan itu, coba cek settingan waktu delay nya dengan kode 78. Angka berapa yang tampil?

Beri Respons